Home | Informasi Penyakit | Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Beberapa cara mencegah penyakit jantung koroner yang bisa anda lakukan antara lain dengan merubah gaya hidup dan mengontrol serta mengobati penyakit yang menyebabkan penyakit jantung koroner seperti hipertensi, kolesterol tinggi dengan obat-obatan yang tepat. Berikut beberapa tips cara mencegah penyakit jantung koroner:

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

cara mencegah penyakit jantung koroner

1. Berhenti merokok

Merokok merupakan faktor risiko utama yang menyebabkan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan penyebab terbesar penyakit jantung koroner pada orang dibawah usia 50 tahun. Selain itu merokok juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan memperburuk faktor resiko PJK lainnya, bahan kimia asap rokok membahyakan sel-sel darah, merusakan fungsi jantung, dan meningkatkan kerusakan fungsi pembuluh darah.

Berhenti merokok dan menghindari asap rokok dapat membantu jantung dan pembuluh darah kembali normal, bagi sebagian orang berhenti merokok merupakan hal yang sulit, tapi bukan berarti tidak mungkin. Banyak orang yang berhasil berhenti merokok, berbagai strategi, program dan obat-obatan bisa membantu Anda berhenti merokok. Tapi yang paling penting adalah niat yang kuat dari anda untuk hidup lebih sehat tanpa asap rokok.

2. Makan Makanan Yang Sehat

Merubah pola makan merupakan cara mencegah penyakit jantung koroner yang paling efektif. Untuk menurunkan risiko PJK dan serangan jantung hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti daging merah, sosis, mentega, keju, lemak babi, kue dan makanan bersantan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi juga makanan dengan lemak tak jenuh yang banyak ditemukan dalam minyak ikan dan minyak zaitun. Minyak ikan dan zaitun banyak mengandung omega-3 yang berkhasiat untuk menurunkan risiko serangan jantung dan membantu mencegah bekuan darah.

Perbanyak makanan yang mengadung serat tinggi yang banyak di temukan pada sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Makanan dengan serat tinggi selain dapat menurunkan kadar kolesterol juga banyak menyediakan nutrisi yang dapat mencegah penyakit jantung koroner. Kurangi juga asupan garam dan gula, diet rendah garam dapat mencegah tekanan darah tinggi sedangkan diet rendah gula membantu mencegah kenaikan berat badan dan penyakit diabetes.

3. Berolahraga secara teratur

Cara mencegah penyakit jantung koroner paling sederhana adalah dengan rajin olahraga minimal 30 menit setiap harinya. Anda bisa melakukannya dengan cara lari pagi di sekitar perumahan Anda, jalan santai atau bersepedah bersama anggota keluarga Anda pada pagi atau sore hari. Dengan menggabungkan pola makan yang sehat dan berolahraga anda dapat terhindar dari obesitas yang merupakan faktor bebrapa penyakit kronis termasuk jantung koroner. Selain itu juga olahraga teratur dapat membantu meningkatkan peredaran darah dan fungsi jantung.

4. Menjaga Berat Badan Yang Ideal

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, salah satu cara yang efektik untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan menjaga pola makan dan olahraga secara teratur. Kurangi asupan kalori dan aktiv secara fisik dapat mengurangi berat badan dan mencegah penyakit jantung koroner serta stroke.

5. Menjaga Tekanan Darah Dan Kadar Gula

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi segera diobati dengan tepat untukt menurunkan tekanan darah anda dan jaga agar tekanan darah anda tetap normal di bawah 140 / 85mmHg dengan rajin berolahraga dan makan makanan yang sehat. Jaga juga kadar gula dalam darah di bawah 130 / 80mmHg dengan cara aktif secara fisik dan menjaga berat badan agar tetap setabil.

6. Menkonsumsi Obat-obatan yang tepat

Terkadang perubahan gaya hidup tidak cukup untuk mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol dan faktor penyebab penyakit jantung lainnya. Segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan tingkat gula darah, mencegah pembekuan darah dan peradangan.

Kami merekomendasikan cara mencegah penyakit jantung koroner dengan mengkonsumsi obat herbal jantung koroner ICP Capsule yang terbuat dari bahan herbal pilihan, selain untuk pencegahan obat herbal ICP Capsule juga berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung koroner sekaligus mengontrol faktor penyebabnya. Khasiat obat herbal ICP Capsule adalah untuk menjaga jantung, mencegah aterosklerosis, menurunkan dan menjaga tekanan darah, kolesterol tinggi serta kadar gula dalam darah.

Selain beberapa cara mencegah penyakti jantung koroner di atas, hindari stres, tetap besyukur dan tidur dengan cukup dan berkualitas agar tubuh anda tetap segar dan terhindar dari resiko penyakit jantung koroner.

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat
Scroll To Top