Home | Informasi Penyakit | Asma | 19 Makanan Sehat untuk Penderita Asma

19 Makanan Sehat untuk Penderita Asma

makanan sehat untuk penderita asma

19 makanan sehat untuk penderita asma dengan kandungan nutrisi yang sangat cocok untuk mencegah dan mengurangi gejala seperti sesak napas, mengi dan sesak dada pada penderita asma. Baca sampai akhir untuk mendapatkan informasi makanan sehat seperti pisang, rosemary atau biji rami dapat membantu meringankan asma Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui tips diet umum yang dapat membantu mencegah dan mengontrol asma, baca juga 10 Tips Diet untuk Penderita Asma.

19 Makanan Sehat untuk Penderita Asma

  1. Alpukat – Makanan sehat untuk penderita asma yang paertama adalah alpukat. Alpukat dikenal dengan khasiatnya untuk membuat kulit indah, tapi buah yang terkenal dengan jusnya ini juga dapat membantu meringankan gejala asma. Alpukat merupakan makanan sehat untuk penderita asma dengan konsentrasi glutathione tertinggi, suatu senyawa untuk meningkatkan kesehatan tubuh dengan fungsi yang luas. Glutathione terbukti dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan mampu mengeluarkan (detoksifikasi) zat-zat asing seperti polutan. Alpukat juga merupakan sumber dari vitamin E yang baik, terutama untuk penderita asma yang alergi dengan kacang (kacang adalah salah satu sumber yang paling umum dari vitamin E).
  2. Pisang – Buah pisang menu makanan sehat untuk penderita asma berkhasiat untuk membantu memperkuat sistem pernapasan. Menurut sebuah penelitian di Inggris, anak-anak yang makan satu pisang sehari memiliki kesempatan 34% lebih rendah mengalami gejala asma seperti mengi. Hasil penelitian ini tidak mengherankan mengingat bahwa pisang adalah salah satu sumber terbaik dari pyridoxine atau dikenal dengan vitamin B6. Pyridoxine memainkan peran penting dalam produksi adenosin trifosfat (ATP) dan siklik adenosin monofosfat (cAMP), molekul yang telah terbukti membantu jaringan otot polos bronkus menjadi rileks.
  3. Kecambah Brokoli – Kecambah brokoli adalah makanan sehat untuk penderita asma selanjutnya. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa orang yang makan kecambah brokoli selama tiga hari berturut-turut memiliki peningkatan senyawa antioksidan yang signifikan untuk mengontrol peradangan saluran napas yang berhubungan dengan asma bronkial.
  4. Bayam – Bayam memiliki sejumlah nutrisi untuk melawan penyakit asma. Sebuah studi dengan melibatkan 68.535 peserta perempuan menemukan bahwa wanita dengan asupan tinggi bayam memiliki prevalensi lebih rendah dari asma. Hal ini tidak mengherankan mengingat bahwa bayam memiliki sejumlah nutrisi penting untuk mencegah penyakit asma seperti beta-karoten (bayam adalah salah satu sumber terbaik beta-karoten), vitamin C, vitamin E, kalium dan magnesium.
  5. Kiwi – Buah kiwi juga masuk pada daftar makanan sehat untuk penderita asma karena terbukti dapat membantu anak yang mengalami gejala masalah pernapasan yang berhbungan dengan asma. Buah kiwi mengandung vitamin C yang tinggi, sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang banyak makan jeruk dan buah kiwi (5-7 porsi per minggu) mengalami penurunan intensitas gejala mengi hampir setengah dari biasanya, dibandingkan dengan anak-anak yang makan sedikit buah-buahan. Jeruk dan buah kiwi juga berfungsi untuk mengurangi sesak napas, hidung meler, dan batuk.
  6. Biji rami – Biji rami adalah mineral yang banyak mengandung asam lemak omega-3 yang berkhasiat untuk mengurangi gejala asma. Biji rami yang sarat dengan mineral untuk pengobatan asma seperti kalium, selenium dan magnesium. Biji rami dan minyak biji rami merupakan salah satu sumber nabati terbaik asam lemak omega-3. Asam lemak esensial ini bisa melawan asma karena bersifat anti-inflamasi.
  7. Rosemary – Rosemary mengandung asam rosmarinic, sebuah polifenol tanaman yang dapat membantu meringankan gejala asma karena mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Kekuatan antioksidan asam rosmarinic diyakini lebih kuat daripada vitamin E. Selain itu, asam rosmarinic mendorong sel untuk menciptakan prostacyclins untuk membantu menjaga saluran udara pada paru-paru tetap melabar. Rosemary dapat digunakan untuk penyedap rasa ikan, daging panggang dan saus tomat.
  8. Buckwheat – Buckwheat dianggap sebagai makanan yang tidak menyebabkan alergi dan bagus bagi pasien asma yang gejalanya diperparah oleh alergi makanan. Buckwheat kaya magnesium, mineral untuk membantu merelaksasi otot-otot di sekitar saluran bronkial. Buckwheat dapat diolah menjadi bubur untuk sarapan.
  9. Bawang putih – Bawang putih telah diakui kemapuhannnya untuk menyembuhan berbagai penyakit sejak zaman kuno. Penelitian terbaru telah menemukan bawang putih efektif menjaga kesehatan kardiovaskular, mencegah kanker dan menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang putih juga dapat membantu penderita asma karena kemampuhannnya untuk menghambat aktivitas enzim tertentu yang menghasilkan zat inflamasi. Selain itu, bawang putih adalah sumber dari vitamin C, kalium dan selenium sehingga bawah putih atau garlik inipun masuk pada daftar makanan sehat untuk penderita asma.
  10. EndivesEndives adalah sayuran yang termasuk ke dalam familia Asteraceae dapat dimasak atau dimakan mentah dalam salad. Endives adalah makanan sehat untuk mengobati gejala asma. Endives banyak mengandung beta-karoten, vitamin C  dan endives juga sumber kalium rendah kalori.
  11. Biji Bunga Matahari – Biji bunga matahari kaya nutrisi anti-asma karena banyak mengandung vitamin E, potassium, selenium, dan magnesium yang dibutuhkan untuk mencegah dan mengobati penyakit asma.
  12. Apel – Studi menunjukkan bahwa apel memiliki beberapa khasiat luar biasa untuk mengobati asma. Salah satu studi menemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi apel dapat melindungi anak mereka dari asma. Studi lain menemukan bahwa dengan meminum jus apel setiap hari anak-anak dapat terhindar dari mengi sebesar 50%. Buah apel banyak mengandung zat bioflavonoid seperti quercetin. Quercetin diketahui memiliki anti-histamin, antioksidan dan anti-inflamasi yang kuta.
  13. Ubi Jalar – Ubi jalar adalah salah satu makanan tertua yang dikenal manusia dan juga salah satu sayuran yang paling bergizi dan sangat baik untuk diet Anda jika Anda menderita asma. Ubi jalar mengandung banyak vitamin C dan kalium serta protein, menurut sebuah studi ubi jalar juga memiliki sifat antioksidan yang signifikan.
  14. Jahe – Jahe merupakan salah satu rempah-rempah tertua di dunia yang dapat membantu mencegah dan meringankan gejala asma. Jahe juga mengandung zat anti-inflamasi yang kuat yang juga memberikan rasa yang khas yang juga berkhasiat untuk meredakan peradangan.
  15. Kunyit – Kunyit adalah rempah-rempah yang sering digunakan untuk memberikan warna kuning pada kari dan makanan lainnya, telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional terutama di daratan asia, salah satunya untuk mengobati penyakit asma dan kondisi lainnya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.
  16. Tomat – Tomat memiliki banyak kandungan yang luar biasa untuk mencegah asma dan mengurangi gejala asma. Dalam sebuah studi dengan melibat 32 orang penderita asma dewasa, mereka yang diberi ekstrak tomat yang kaya akan lycopene. Hasilnya penderita asma memiliki risiko lebih rendah mengalami radang paru-paru daripada mereka yang menerima plasebo. Tomat juga mengandung beta-karoten, lycopene, vitamin C dan sejumlah besar kalium sehingga tidak mengherankan jika buah tomat merupakan salah satu makanan sehat untuk penderita asma yang sangat baik.
  17. Kubis/Kale – Kale adalah keluarga kubis peningkat gizi dengan vitamin dan fitokimia lainnya yang telah terbukti mengurangi gejala asma. Tidak hanya sebagai sumber vitamin C, kale juga salah satu sumber makanan yang paling banyak mengandung beta-karoten dan salah satu sayuran dengan rating ORAC tertinggi. ORAC, atau Oxygen Radical Absorbance Capacity berfungsi untuk memerangi radikal bebal yang menyebabkan kontraksi atau penyempitan pada otot polos saluran napas.
  18. Wortel – Anda mungkin pernah mendengar bahwa wortel baik untuk penglihatan, tetapi apakah Anda tahu bahwa wortel juga dapat membantu orang-orang yang rentan terhadap serangan asma? Dalam sebuah penelitian, wanita yang banyak makan wortel memiliki risiko 20% lebih rendah menderita asma daripada wanita yang jarang mengkonsumsi wortel. Worter kaya dengan kandungan beta-karoten dan vitamin C.
  19. Sawi – Sawi kaya antioksidan dan nutrisi, sawi merupakan salah satu makanan sehat untuk penderita asma terutama Anda yang sering mengalami serangan asma yang mendadak. Selain menjadi salah satu sumber terbaik beta-karoten, sawi juga sumber vitamin C dan vitamin E. Nutrisi pada sawi dapat mengikat radikal bebas yang menyebabkan kontraksi otot polos dan penyempitan saluran napas pada penderita asma. Selain itu, sawi dapat membantu dalam pemecahan histamin.

Selain rutin mengkonsumsi 19 makanan sehat untuk penderita asma di atas, Anda juga harus memperhatikan penyebab penyakit asma kambuh. Rubah gaya hidup Anda dengan yang lebih sehat, hindari segala pemicu yang menyebabkan serangan asma terjadi. Terkadang merubah gaya hidup dan rutin mengkonsumsi makan sehat pencegah asma tidak cukup untuk menjauhkan Anda dari asma.

Jika penyakit asma Anda telah akut dan tidak kunjung sembuh meskipun telah melakukan berbagai pengobatan baik secara medis ataupun tradisional, kami merekomendasikan obat herbal asma Cordyceps capsule yang telah terbukti ampuh mengobati penyakit asma sampai tuntas.

Baca juga : Obat Herbal Asma Paling Mujarab

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat
Scroll To Top