10 Cara Memelihara Kesehatan Jantung

10 Cara Memelihara Kesehatan Jantung
10 Cara Memelihara Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung –  Jika mendengar berita semakin banyaknya kasus kematian mendadak karena serangan jantung, tentu kita berfikir tidak ingin terjadi pada diri kita maupun keluarga yang kita sayangi hanya karena kurang menjaga kesehatan jantung. Tentunya Anda harus tau penyebab serangan jantung muncul dan Cara memelihara kesehatan jantung. Hal ini sangat penting sekali selain serangan jantung merupakan musibah yang mematikan juga penyakit yang membutuhkan biaya luar biasa tinggi.

Berikut saya akan uraikan 10 cara memelihara kesehatan jantung yang bisa Anda lakukan sehari-hari (dilansir dari boldsky.com) :

10 Cara Memelihara Kesehatan Jantung

 

1. Memeluk

Tentu Anda akan kaget dengan kata memeluk . Memeluk merupakan reaksi psikologis seseorang kepada orang lain yang memberikan rasa ketenangan dan menghilangkan kecemasan serta ketakutan . Dengan memeluk seseroang yang kita sayangi dan kita percayai membuat jiwa dan fikiran menjadi tenang sehingga tentu akan sangat berdampak pada denyut jantung anda menjadi baik dan berirama teratur.

 

2. Memelihara Hewan Peliharaan Rumah

 

Tidak semua orang menyukai hal ini karena jika aktivitas anda lebih banyak diluar rumah akan sangat menyita waktu dengan memelihara hewan peliharaan dirumah . Namun anda tidak perlu khawatir sekarang banyak cafe yang menyiapkan kucing atau hewan peliharaan sehingga selain Anda bisa menikmati kopi sambil refreshing bersenang senang dengan kucing atau hewan peliharaan dalam cafe tersebut. Jiwa dan emosi yang tenang dan relaks tentu akan mempengaruhi irama jantung anda menjadi lebih teratur.

 

3. Kurangi Kegiatan Menonton Televisi atau Game

 

Kebiasaan duduk berdiam diri depan komputer, menonton tivi atau bermain game menurut para ahli dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Karena duduk hanya menghabiskan beberapa kalori saja dan termasuk dalam aktivitas fisik sangat ringan sehingga menimbulkan menumpuknya kadar kalori yang tidak terpakai. Para ahli mengatakan, jika Anda memiliki kebiasaan menonton setiap program televisi selama berjam-jam, dapat meningkatkan risiko jantung bermasalah. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi menonton televisi, bermain game dan duduk terlalu lama didepan komputer.

 

4. Tidur Cukup

 

Para ahli mengungkapkan kurangnya jam tidur  tidur dapat meningkatkan peluang seseorang mengalami masalah jantung. Sebaiknya, mulai saat ini tidurlah tujuh hingga delapan jam.

Cara Memelihara Kesehatan Jantung
Cara Memelihara Kesehatan Jantung

 

5. Hindari Rokok, Stress, kemacetan dan Polusi Sebisa Mungkin

Kebiasaan merokok baik aktif atau menghirup asap rokok akan menyebabkan  lapisan arteri rusak, dinding arteri menebal. Hal ini memicu juga terjadinya penumpukan lemak serta plak yang  selanjutnya akan berakibat menghambat aliran darah di sepanjang arteri.  Jika hal ini dibiarkan terjadi dalam waktu malam maka arteri yang memasok darah ke jantung akan mengalami penyempitan, pasokan darah yang kaya akan oksigen menuju jantung akan menurun yang dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner. Penyempitan arteri akan sangat berbahaya dan timbul keluhan nyeri dada jika menjalani aktivitas fisik berat. Jantung yang terus dipaksa untuk bekerja memompa dapat menyebabkan nyeri dada atau bahkan serangan jantung (dalam kasus penyumbatan arteri secara keseluruhan)

Polusi dan kemacetan merupakan faktor yang berkontribusi membuat orang menderita masalah jantung. Hidup damai dan tenang jauh lebih bagus untuk jantung Anda.

Cara-Memelihara-Kesehatan-Jantung
Cara-Memelihara-Kesehatan-Jantung

6. Selalu Berbahagia mensyukuri Nikmat Hidup

 

Merasa selalu berbahagia dengan menyukuri nikmat sehat dan hidup yang sudah dianugrahkan Tuhan mempunyai peranan penting untuk jantung Anda. Salah satu nya dengan selalu tersenyum dan tertawa lepas, maka peredaran darah dan sirkulasi darah pun bisa lebih lancar.

 

7. Mengatur kegiatan dengan diselingi istirahat  sesaat disela Waktu Kerja

 

Duduk berjam-jam di kantor hanya dapat mengesankan pimpinan Anda, bukan jantung Anda. Risiko Anda mengalami masalah jantung pun meningkat.

Oleh karena itum sebaiknya istirahatlah secara berkala dan bergerak di sela waktu kerja untuk menjaga jantung tetap sehat.

 

8. Mengurangi Konsumsi Daging

 

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung daging akan membuat darah Anda menjadi kental karena tingginya kadar kolesterol darah. Dalam sebuah studi baru-baru  menunjukkan dengan menggantikan makanan Daging menjadi olahan makanan vegetarian akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung. begitu juga dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur mayur akan membantu menjaga kesehatan organ jantung dan pembuluh darah Anda. Selain menghindari dan mengurangi makanan yang kaya akan kolesterol sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi antioksidan berkualitas guna membantu menjaga kestabilan daya tahan tubuh dan melancarkan darah dan Peredaran darah.

Silahkan Baca Artikel Kami dengan judul :

3 Tahapan Kanker Serviks Yang Harus Anda Ketahui 

Makanan pantangan cegah serangan jantung koroner
Makanan pantangan cegah serangan jantung koroner

9. Konsumsi Kopi Yang Kaya Antioksidan 

Kopi lingzhi ganoderma

Minum secangkir kopi tanpa gula dalam sehari ampuh untuk kesehatan jantung Anda. Kopi yang sehat adalah kopi yang tidak mengandung gula, cafein dan pengawet. Kami rekomendasikan kopi lingzhi ganoderma bagi Anda pecinta kopi Arabica namun khawatir akan kesehatan jantung makan minumlah secangkir kopi lingzhi ganoderma setiap hari.Namun, tidak membatasi asupan kafein nyatanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, darah tinggi.Bahkan kandungan  ganoderma lucidum dalam 1 cangkir kopi lingzhi mengandung antioksidan tinggi yang sangat bagus untuk membantu tubuh anda membuang toksik berbahaya serta mampu membantu meningkatkan stamina tubuh Anda.

Baca Artikel Kami : Kandungan Herbal dan Nutrisi Kopi Lingzhi

 

10. Bergabung dengan komunitas yang sama dengan Hobi Anda

Dengan bergabung bersama komunitas yang mempunyai kebiasaan sama dengan hobi Anda tentu akan sangat membuat Anda tenang dan bahagia, lebih lagi bisa bertukar fikiran tentang masalah yang sedang Anda hadapi untuk mendapatkan solusinya.

Sayangi kesehatan Jantung Anda dengan cara menjaganya .Salam Sehat

Baca artikel kami selanjutnya : Solusi Mengatasi Kolesterol dalam 3 hari