Home | Produk | ICP Capsule | 11 Penyebab Sakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui

11 Penyebab Sakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui

serangan jantung11 Penyebab Sakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui

11 Penyebab Sakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui-Tahukah Anda tanda dan gejala serangan Jantung koroner  antara lain terasa nyeri didada , yang bisa menyebar kebagian rahang gigi, kedua lengan atau nyeri dibagian atas lambung,  rasa nyeri tersebut (kadang disertai dengan sesak nafas), bisa juga merasa mual atau seperti sakit maag. pusing kepala, palpitasi (denyut jantung tidak teratur).Keluar keringat dingin berlebihan, gampang lelah / merasa lemas sekali.

Apa penyebab dari serangan jantung koroner ? Berikut ini saya kaan uraikan 11 penyebab sakit jantung koroner yang wajib Anda ketahui :

 

 

  1.  Merokok

Pada rokok ditemukan sebuat zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentkan aktivitas kolesterol baik atau HDL  untuk mengangkut timbunan lemak menuju hati, akibatnya dapat terjadi penyempitan arteri.

Berhentilah merokok

2. Tekanan Darah tinggi

Tekanan darah tinggi mampu merusak lapisan lunak didalam dinding pembuluh darah koroner. Maka kolsterol lemak dan kalsium dinding pembuluh darah yang cenderung menumpuk di permukaan dinding pembuluh darah lapisan lunak yang rusak itu akan berubah menjadi atheriosclerosis . Pembuluh darah yang menjadi sempit (stenosis) dan mengeras (calsifield). Kerja jantung menjadi lebih berat untuk memompa darah ke pembuluh darah  yang menyempit itu.

Tinggi rendahnya “systolic pressure” sangat tergantung dari emosi atau usia seseorang .  Bila seseorang sedang emosi , hormon adrenalin dikeluarkan relatif lebih banyak lagi masuk kedalam darah dan mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi.

3. Kadar Lemak dalam Darah Tinggi

Bila kadar kolesterol kolesterol dan trigliserida tinggi didalam darah dapat mengakibatkan bertambahnya deposit  lemak didalam pembuluh darah koroner   mengakibatkan pembuluh darah koroner menyempit. Dengan demikian suplay darah ke jaringan otot jantung relatif menjadi berkurang dan kekentalan darah meningkat, karena mengandung kadar lemak tinggi didalam darah. Oleh karena resiko terjadinya penyumbatan (blocking) pembuluh darah koroner bertambah. Maka akan mudah sekali terjadi penggumpalan darah didalam pembuluh darah koroner. Tingginya kadar lemak didalam darah akan mempunyai resiko tinggi terkena penyakit jantung.

4. Kencing Manis / diabetes mellitus type 2

Pada umumnya penderita kencing manis disertai dengan penyakit jantung koroner. Maka bagi orang yang terkena penyakit kencing manis harus segera diatasi agar gula darahnya tidak tinggi. Bagi penderita penyakit kencing manis, dianjurkan untuk memeriksa kadar gula darah sebulan sekali dan periksa kadar HBA1C 3 bulan sekali.

Baca Artikel Kami Selanjutnya tentang :

ICP Capsule 

Cara Pemesanan

5. Kelebihan Berat Badan

Pada orang yang berlebihan berat badan, kerja pompa jantung relatif lebih berat, otot jantung harus bekerja ekstra keras dan organ tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen. Kegemukan mempunyai resiko besar terkena penyakit tekanan darah tinggi, penyakit kencing manis dan jantung koroner. Kegemukan sering dijadikan biang keladi terkena kencing manis. Empat dari lima orang yang terkena kencing manis disebabkan oleh kegemukan.

6. Kurang Berolahraga

Kurang atau tidak berolah raga mendukung resiko terjadinya kegemukan , tekanan darah tinggi, kencing manis, jantung koroner, dan tinggi kadar kolesterol dan trigliserida didalam darah yang dapat berkembanf menjadi penyakit kencing manis dan jantung koroner.

Olah raga aerobik seperti jalan oagi, joging , berenang, bersepeda yang mampu melatih otot jantung agar lebih sehat dan kuat, juga dapat membuang kalori yang berlebihan, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak didalam tubuh. Olah raga paling sedikit bisa dilakukan 5 kali seminggu.

7.Hidup Penuh Stress

Tubuh kita segera merespon bila sedang dalam keadaan emosi dan stres dan segera menghasilkan hormon adrenalin yang dikenal sebagai hormon stres. Hormon tersebut mampu membuat pembuluh darah berkontraksi menjadi sempit, sehingga tekanan darah berubah menjadi tinggi . Adrenalin mengakibatkan kerja jantung lebih cepat dan berat.

8.Faktor Usia

Bertambahnya usia juga akan menambah resiko terkena penyakit jantung, ini karena pembuluh darah koroner makin lama makin menyempit dimakan usia. Fungsi organ jantung juga makin melemah karena terjadi proses degenerasi.

9.Jenis Kelamin

Laki-laki kemungkinan lebih besar mendapat kesempatan terkena penyakit jantung daripada perempuan yang belum menopouse, karena female hormone bisa melindungi terhadap penyakit jantung.

10.Faktor Keturunan

Orang yang mempunyai sejarah penyakit jantung didalam keluarganya memiliki resiko lebih besar terkena penyakit jantung daripada orang yang tidak memiliki riwayat penyakit ini .

11.Perilaku hidup.

Berdasarkan observasi dari Kemple dan Wolf type kelakuan manusia yang dikategorikan menjadi dua yaitu : manusia type A dan manusia type B. Manusia Type A adalah orang yang selalu ingin berprestasi dan meu berkomunikasi kepada semua orang sekaligus. Dia mau bekerja lebih cepat dan lincah daripada orang lain, gerak badannya cepat dan tergesa – gesa . Bicaranya berapi-api seiaranya tinggi saat berbicara, manusia yupe ini memiliki resiko terkena serangan jantung dua kali lebih tinggi daripada manusia type B. Manusia type B hidupnya santa dan sifatnya easy going, tidak tergesa-gesa, tidak banyak fikiran, dan tidak memusingkan apa yang akan terjadi hari esok.Manusia type B ini memiliki resiko terkena serangan jantung lebih rendah daripada manusia type A.

Namun serangan jantung koroner ini ternyata bisa dicegah dengan 9 Pencegahan Agar tidak terkena penyakit jantung antara lain :

  1. Tidak merokok
  2. Tidak makan terlalu kenyang dan makan makanan yang banyak lemak
  3. Banyak makan sayur-sayuran dan buah buahan
  4. Tidak membiarkan stress berkepanjangan
  5. Hindari marah besar
  6. Tidak terlalu banyak keinginan
  7. Jaga agar pikiran selalu optimis dan selalu gembira
  8. Berolahraga secara rutin yaitu 5 kali dalam satu minggu
  9. Imbangi dengan meminum herbal berkualitas ICP Capsule dan Chol Balance setiap hari jika aktivitas sehari hari Anda tidak sempat berolahraga rutin , kurang beraktivitas dan terlalu banyak makan makanan berlemak.

Demikian artikel ini  kami sajikan uantuk Anda yang selalu ingin sehat dan menjaga kesehatan . Semoga bermanfaat .

 

 

 

 

Share
Scroll To Top
Share