7 Cara Menurunkan Kelebihan Garam Tubuh

daging olahan mengandung garam tinggi

 

2 jenis stroke yang Perlu Anda ketahui
2 jenis stroke yang Perlu Anda ketahui

muarafarma.com Perlu Anda ketahui bahwa garam dalam keseharian digunakan selain untuk menambah rasa juga mampu menjadikan makanan lebih lezat. Namun jika kelebihan garam terlalu banyak masuk dalam tubuh dalam jangka waktu panjang akan berakibat tidak baik , berbagai gangguan akan terjadi seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke. Namun tubuh kita akan bereaksi awal memberikan sinyal pada tubuh dengan memberikan tanda dan keluhan yang dianggap biasa namun hal ini sangat penting bagi kita untuk segera menurunkan  kelebihan garam dalam tubuh yaitu rasa sering  haus berlebihan, nyeri kepala bagian belakang, kaki dan tangan sering merasa pegalm serig kesemutan , nyeri dada sebelah kiri , tengkuk dan pundak terasa pegal-pegal .

 Berikut ini adalah makanan yang mampu membantu menurunkan kelebihan garam dalam tubuh:

1. Susu dan Kedelai

 Susu dan kedelai atau makanan yang mengandung susu dapat mengurangi kadar garam tubuh  seperti Yogurt dapat Anda konsumsi secara teratur setiap hari. Selain itu, kacang kedelai memiliki kandungan protein tinggi.\ bisa anda dapatkan dalam susu kedelai  dikarenakan susu kedelai mempunyai kadar protein hingga mencapai 10 persen sehingga mampu mengurangi kelebihan garam dalam tubuh.

 2. Ikan Tuna dan Salmon

Ikan tuna dan salmon mampu mengurangi kadar garam hingga 10 persen dikarenakan kadar potasium yang tinggi dalam  ikan tuna dan salmon  dan makanan olahannya sepert tahu tuna, bakso tuna dan makanan olahan lainnya.

3. Mengkonsumsi Pisang, alpukat dan Buah Jeruk

Buah pisang dan kentang kaya akan kalium selain berguna menurunkan kelebihan kadar garam dala tubuh juga mengatasi tekanan darah tinggi yang berpotensi terkena serangan stroke. Mengonsumsi pisang, alpukat, dan jeruk dapat mengatasi darah tinggi akibat kadar garam berlebih. Selain itu, kentang, terutama kentang panggang memiliki kadar potasium yang tinggi. Mengonsumsi kentang panggang beserta kulitnya mampu menguragi kadar garam dalam tubuh.

4.    Minum air putih yang cukup

Tips ini sangatlah sederhana yaitu hanya membiasakan diri untuk minum air putih yang cukup akan sangat membantu mengeluarkan kadar garam berlebih dalam tubuh dan juga bermanfaat menjaga pH / keasaman dalam tubuh.Cara terbaik lainnya untuk membuang kelebihan garam dengan cepat ialah minum air putih lebih sering. Agar tak kembung, tambahkan perasa dengan tetesan jeruk lemon, yang juga bermanfaat untuk membantu menyingkirkan racun-racun. Penambahan irisan jahe atau lemon juga efektif untuk meredakan kembung yang muncul karena terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam dan lemak. (dikutip dari kompas.com)

Baca : SNE Kapsul

5.     Hindari makanan berpengawet

Bukan rahasia lagi jika makanan berpengawet mengandung garam tinggi didalamnya sehingga wajib bagi kita menggantinya dengan makanan segar yang bernutrisi  selain menyehatkan tentu kandungan nutrisinya masih sangat terjaga.

6.    Usahakan Harus Selalu Bergerak/olahraga

Olahraga secara rutin minimal seminggu sekali  atau banyak bergerak dapat memicu keluarnya keringa. Keringat yang keluar akan membuat  tubuh kita memecah garam dan membuangnya dengan mudah.

Baca artikel kami :

7.    Mengganti garam dengan bahan-bahan alami menyehatkan

Ada beberapa bahan alternative pengganti garam yang bisa membantu Anda mengurangi kadar garam, yaitu buah lemon, irisan jahe, bawang putih, dan lainnya.

Semoga artikel ini memberikan manfaat buat Anda dan Keluarga yang Anda sayangi , silahkan berbagi untuk saudara atau teman Anda agar lebih peduli pada kesehatan.