Ini Dia Olah Raga Ringan Yang Sesuai Untuk Usia Anda

berjalan kaki 1 jam membakar 400 kalori

olah raga-sehat-jantungOrang sehat sirkulasi darahnya pasti lancar salah satunya adalah melakukan aktivitas oleh raga. Olah raga memiliki fungsi melancarkan sirkulasi darah secara sistemik. Oleh karena itu orang yang suka berolahraga tubuhnya sehat, badannya fit, dan jiwanya riang. Orang yang tidak suka berolahraga atau tubuhnya tidak banyak bergerak, sirkulasi darahnya tidak lancar. Sehingga orang tersebut cenderung tidak sehat serta mudah terkena penyakit.

Olahraga mampu memperlancar aliran darah keseluruh jaringan tubuh sampai kepembuluh daraf perifer (pembuluh darah serabut), sehingga semua sel diseluruh tubuh mendapatkan darah segar yang mengandung nutrisi dan oksigen. Dengan demikian, proses metabolisme baru bisa berjalan lebih lancar lagi dan ratusan miliar sel tubuh baru bisa hidup dan mendapatkan darah segar. Maka olahraga memegang peranan penting dalam memelihara dan mempertahankan kesehatan.

Olah Raga apa saja yang boleh dan bermanfaat dilakukan oleh semua usia ?

Berikut ini saya akan uraikan olah raga yang cocok untuk berbagai tahapan kehidupan:

Untuk anak balita tulang dan otot masih lunak dan lentur, tidak cocok diberi olah raga yang keras, oleh karena itu anak balita lebih baik melakukan olahraga yang ringan saja.

Untuk anak remaja yang sedang berkembang pesat dan kalorinya juga berlebihan, maka bagi remaja olah raga yang cocok adalah olah raga aerobik yang dapat membakar kalori yang berlebihan itu. Karena tulang, otot, urat, organ tubuh yang sedang dalam masa pembentukan dan pertumbuhan , aerok menjadi penting dan bermanfaat bagi remaja untuk menguatkan tubuh. Selain dapat membakar lemak , aerobik juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan yang berlebihan.

Meskipun demikian olah raga tidak boleh dilakukan secara berlebihan atau terlalu berat, keras, dipaksakan da tidak seimbangan dengan kemampuan masing-masing. Kondisi fisik setiap orang berbeda, tidak bisa disamaratakan. Olah raga yang dipaksakan akan berdampak tidak baik bagi kondisi tubuh secara general.

Bagi orang yang sudah mencapai usia 40 dianjurkan tidak melakukan olahraga yang berat dan keras , ini karena pada usia tersebut semua organ tubuh sedang dalam proses degenerasi. Tidak mungkin melalui olagraga, tubuh bisa kembali menjadi remaja.

Tujuan olah raga bagi orang yang sudah masuk usia lanjur hanyalah untuk memperlambat proses penuaan, agar proses tersebut tidak berjalan terlalu cepat. Maka orang yang telah mencapai usia 40 tahun keatas, lebih baik melakukan olahraga yang moderat saja. Orang yang berolahraga secara rutin dan konsisten bisa kelihatan lebih muda 10 tahun.

Orang yang sedang memasuki proses penuaan, tidak dianjurkan melakukan olahraga angkat berat dan lar sprint, karena bantal ltut kolagennya sudah aus menipis, dan lubrikannya juga sudah mulai berkurang. Jika tetap melakukan olahraga lari cepat atau jalan kaki terlalu lama bantal lututnya semakin aus menipis, dan lubrikannya cepat habis, akibatnya lutut kaki akan merasa nyeri dan susah berjalan.

Bagi orang yang sudah berusia lanjut, melakukan olah raga lari cepat dan banyak jalan kaki sebaiknya dihindari, upayakan kegiatan olah raga bagi orang sudah lanjut usia yaitu dengan berjalan kaki santai minimal 20- 30 menit dalam satu hari saja.

Untuk Usia produktif  ada cara mudah untuk membakar kalori dalam satu jam sebanyak 400 kalori. Hal ini bertujuan agar badan tetap sehat dan bugar .

1. Berjalan kaki

berjalan kaki 1 jam membakar 400 kaloriAnda bisa membakar kalori lebih banyak bahkan bisa sampai 400 kalori dalam sejam dengan melakukan olahraga yang menyenangkan.
Tidak perlu menggunakan peralatan olahraga yang terlalu banyak, ada 5 cara yang bisa membuat Anda mendapatkan bentuk tubuh ideal yang menjadi impian.

 

 

2. Menari

Cara ini merupakan salah satu olahraga yang paling menyenangkan dalam pembakaran lemak. Anda bisa bergoyang dan mendengarkan musik yang menyenangkan. Ada banyak kelas menari yang dapat Anda ikuti seperti kelas Zumba, hip hop cardio, pesta dansa cardio, Jazzercise, menari perut dan menari salsa. Anda bahkan dapat menari di rumah mendengarkan musik yang Anda sukai dan membakar 400 kalori dalam sejam.

baca : 3 Alasan SNE Kapsul Ampuh Atasi Hepatitis B

3. Tenis

Tenis adalah latihan anaerobik fantastis yang bisa Anda lakukan dengan teman Anda. gerakan melompat dan mensmash bola tenis dapat membantu membakar lebih banyak kalori.
Untuk Anda yang memiliki berat badan sekitar 80-85 kg dapat membakar sampai 400 kalori dalam waktu sejam.

4. Berenang

Berenang memang dikenal dapat membakar kalori yang banyak. Saat Anda berenang maka seluruh bagian tubuh bergerak secara aktif seperti gerakan tangan dan kaki Anda. Untuk Anda yang memiliki berat badan sekitar 60 kg bila Anda berenang selama satu jam maka Anda bisa membakar sampai 400 kalori.

5. Perubahan Gaya hidup

Mulailah melakukan aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari Anda misalnya dalam sehari biasanya Anda bekerja memakan motor atau mobil upayakan mencari lokasi parkir yang jauh dari tujuan sehingga Anda sempat berjalan kaki atau pun menaiki tangga daripada memakai eskalator dan membeli sendiri makan siang tanpa menyuruh orang lain. Adapun bagi Anda yang tidak bekerja, melakukan aktivitas di rumah misalnya biasa mencuci pakaian dengan mesin cuci beralih menjadi mencuci sendiri, membersihkan rumah sendiri , menyapu halaman , menyetrika , menyiram bunga , mencuci mobil itu merupakan kegiatan yang bisa membakar kalori tubuh dengan mudah .

baca : 6 keunggulan icp capsule  ampuh atasi jantung koroner

Nah demikian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat untuk lebih menjaga kesehatan Anda daripada mengobati, mulailah beraktivitas rutin minimal 30 menit dalam satu hari agar tubuh Anda teap sehat dan bugar.