5 Tanda Tubuh Kelebihan Garam, Waspadalah !

daging olahan mengandung garam tinggimuarafarma.com – Kini zaman semakin maju, industri makanan dan minumanpun sangat berbeda dengan zaman 10 atau lima tahun kebelakang. Ketersediaan makanan dan minuman cepat saji, yang notabene mengandung banyak garam kerap kali menjadi santapan sehari-hari tanpa kita sadari. Namun hal ini perlu diwaspadai karena berlebihnya kadar garam dalam tubuh dapat mengakibatkan terganggunya kerja jantung dan ginjal Anda dalam jangka waktu lama. Keluhan awal yang terjadi adalah rasa haus yang berlebihan , meningkatnya berat badan karena retensi natrium, sakit kepala, tekanan darah tinggi. Perlu diketahui bahwa  batas maksimum asupan garam untuk orang dewasa rata-rata hanya 6 gram atau satu sendok teh per hari. Berikut ini akan saya jelaskan tanda dan gejala yang akan terjadi bila tubuh mengalami kelebihan garam/ natrium.

 1. Sering buang air kecil

Jika tubuh mengalami kelebihan air dan garam, maka tubuh akan berupaya untuk memaksa ginjal bekerja lebih eras terutama lebihnya kadar garam untuk dibilas agar keluar dari tubuh sehingga timbullah frekwensi bertambahnya buang air kecil. Namun yag terjadi saat tubuh sering  buang air kecil akan kehilangan kalsium dan mineral tubuh yang berperan dalam menjaga kekuatan tulang dan gigi  Anda. Jika tubuh  kekurangan kalsium meningkatkan risiko osteoporosis/ pengeroposan tulang.

baca : Inilah Makanan Tinggi Garam Yang Harus Anda Hindari

2. Sering Nyeri kepala

Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi garam melebihi batas yang dianjurkan akan sangat beresiko mengalami keluhan nyeri kepala walaupun tekanan darah normal.

3. Sering Merasa haus

Jika kadar garam dalam tubuh melampaui batas normal, maka keseimbangan cairan dalam tubuh akan terganggu yang ditandai dengan  mulut Anda kering dan keluhan haus. Bahayanya lagi dengan  kondisi yang dinamakan dehidrasi ini otak Anda akan mengalami  gangguan konsentrasi dan sulit mengingat (tingkat kognitif buruk) , oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut Anda harus minum lebih banyak air.

4. Tekanan Darah Menjadi Tinggi

Konsumsi garam berlebih dapat meningkatkan jumlah cairan di dalam tubuh Anda, yang akan membuat jantung Anda bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Pada akhirnya, kerja jantung yang “lembur” dapat meningkatkan tekanan darah.

5. Muncul kantung mata

Ya, bahkan kantung mata sekalipun bisa menjadi pertanda anda sudah kebanyakan makan garam. Ini bisa terjadi karena tubuh Anda mencari cara untuk menyeimbangkan kelebihan garam, yang berakibat pada terjadinya pembengkakan pada organ tubuh, yang seringkali disebut dengan edema. Namun, munculnya kantung mata juga dapat disebabkan karena kurang tidur, alergi, atau karena obat-obatan.

Tips membatasi asupan garam dalam menu makan sehari-hari

Jika Anda mengalami satu atau bahkan lebih dari tanda-tanda kebanyakan makan garam di atas, kini mulai saatnya untuk belajar mengendalikan asupan makanan asin untuk menghindari risiko bahaya kesehatan yang mungkin terjadi. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, bahaya asupan garam berlebih akan berdampak pada meningkatnya tekanan darah, meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, hingga osteoporosis.

Bagaimana Cara Membatasi Asupan Garam

  1. Makanlah Makanan yang dibeli dalam Kondisi Segar seperti Daging, biah dan sayuran segar
  2. Usahakan membeli makanan kaleng yang rendah sodium.
  3. Kurangi sajian makanan yang mengandung tinggi garam seperti garam meja, keju, makanan kaleng, daging olahan , mie instan acar , asinan, manisan.

 Saya tekankan lagi bahwa  jumlah asupan harian garam yang direkomendasikan adalah 2400 mg. Namun, bagi penderita tekanan darah tinggi, American Heart Association merekomendasikan untuk  konsumsi garam 1500 mg per hari, atau kurang dari tiga perempat sendok makan garam dalam sehari. Semoga Bermanfaat.