Home | Informasi Penyakit | Cara Mencegah Penyakit Stroke

Cara Mencegah Penyakit Stroke

Berikut ini tips Cara Mencegah Penyakit Stroke. Penyakit stroke bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, risikonya lebih besar pada orang yang mempunyai riwayat peyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes. Terlepas dari usia atau riwayat keluarga, beberapa faktor risiko penyebab stroke bisa kita hindari dan kita kontrol.

Kita tidak dapat membalikkan usia atau mengubah riwayat kesehatan keluarga tetapi ada banyak faktor risiko stroke lainnya yang dapat kita kontrol. Berikut adalah tips cara mencegah penyakit stroke yang bisa Anda terapkan pada kehidupan sehari-hari untuk memperkecil risiko tekena serangan stroke.

cara mencegah penyakit stroke

7 Cara Mencegah Penyakit Stroke

1. Menurunkan dan Menjaga Tekanan Darah

Tips pertama cara mencegah penyakit stroke adala menurunkan dan menjaga takanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor utama penyebab stroke, tekanan darah tinggi penyumbang terbesar risiko stroke pada pria dan wanita. Jagalah tekanan darah supaya tidak lebih dari 120 (angka atas) dan tidak kurang dari 80 (angka bawah). Anda bisa melakukan tip menurunkan tekanan tekanan darah seperti berikut ini:

  • Mengurangi asupan garam dalam makanan, jangan lebih dari 1.500 miligram per hari (sekitar setengah sendok teh).
  • Hindari makanan tinggi kolesterol, seperti burger, keju, dan es krim.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, konsumsi ikan dua sampai tiga kali seminggu dan beberapa porsi biji-bijian dan susu rendah lemak.
  • Melakukan olahraga minimal 30 menit sehari.
  • Jika Anda merokok segera berhenti merokok
  • Jika diperlukan, konsumsi obat penurun tekanan darah tinggi.

2. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dengan beberapa komplikasi yang disebabkan karena obesiatas (termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes) dapat menyebabkan Anda mengalami stroke. Menjaga berapat badan agar tetap ideal dapat menurunkan resiko terserang stroke. Lakukan beberapai tips berikut:

  • Batasi atau hindari lemak jenuh dan lemak trans.
  • Cobalah untuk makan tidak lebih dari 1.500 sampai 2.000 kalori per hari (tergantung pada tingkat aktivitas Anda dan indeks massa tubuh saat Anda).
  • Meningkatkan waktu dan kualitas olahraga.

3. Rajin Berolahraga

Olahraga sangat baik untuk menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang berjalan setidaknya tiga jam dalam seminggu memiliki risiko terkena stroke lebih kecil dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukannya. Tips cara mencegah penyakit stroke dengan rajin olahraga bisa Anda dilakukan dengan cara:

  • Berjalan-jalan di sekitar lingkungan Anda setiap pagi.
  • Bersepedah pada pagi atau sore hari di lingkungan rumah.
  • Anda juga dapat pergi ketempat olahraga bersama teman-teman
  • Jika Anda tidak mempunyai waktu untuk berolahraga, lakukanlah beberapa gerakan olahraga ringan minimal 10 menit setiap hari.

4. Mengobati Fibrilasi Atrial

Fibrilasi atrial atau ritme denyut jantung tidak normal yang disebabkan karena ruang atas jantung (atrium) berdenyut terlalu cepat dan tidak beraturandapat menyebabkan gumpalan darah terbentuk dalam jantung. Gumpalan darah di jantung dapat pindah ke pembuluh di otak dan menyebabkan stroke. Menurut sebuat penelitian jantung fibrilasi atrial merupakan faktor risiko penyebab stroke dan harus di anggap serius.

  • Jika Anda memiliki gejala seperti jantung berdebar atau sesak napas, segera cek kesehatan Anda ke dokter.
  • Anda juga bisa mengkonsumsi obat pengencer darah seperti aspirin dosis tinggi atau warfarin untuk mengurangi risiko stroke yang disebabkan karena jantung berdebar.

5. Mengobati Penyakit Diabetes

Jika Anda mempunyai kadar gula darah yang tinggi (penyakit diabetes), cara mencegah penyakit stroke yang harus Anda lakukan adalah segera turunkan dan jaga kadar gula agar tetap stabil di ambang batas normal. Kadar gula darah tinggi yang tidak diobati dan berlangsung lama dapat merusak pembuluh darah (termasuk pembuluh darah di otak) dan menyebabkan tembentukanya gumpalan atau bekuan darah yang dapat menyebabkan stroke.

  • Awasi tingkat gula darah seperti yang dokter sarankan
  • Merubah pola makan, rajin olahraga dan mengkonsumsi obat-obatan untuk menjaga gula darah.

6. Berhenti Merokok

Merokok mempercepat terbentuknya bekuan darah, mengetalkan darah dan juga meningkatkan jumlah penumpukan plak pada arteri. Merubah pola makan dengan yang lebih sehat, rajin berolahraga dan berhenti merokok merupakan salah satu perubahan gaya hidup yang paling baik untuk membantu mengurangi risiko stroke.

7. Menghindari Alkohol

Cara mencegah penyakit stroke yang terakhir adalah hindari minuman beralkohol. Jika Anda mempunyai riwayat penyakit darah tinggi dan jantung, sebaiknya Anda menghindari minum alkohol, walaupun ada penelitian di barat menyatakan meminum alkohol dalam jumlah tertentu dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Namun yang jelas, alkohol dapat menaikan tekanan darah, jadi lebih baik menghindarinya.

Selain tips diatas, cara mencegah penyakit stroke juga bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi obat herbal stroke yang telah terbukti efektif membatu mencegah serangan stroke bahkan mengobati penyakit stroke Anda.

  • Obat herbal ICP Capsule, herbal ini merupakan pilihan paling tepat untuk mengatasi semua masalah kardiovaskular termasuk stroke dan penyakit jantung. ICP Capsule dapat mengikis plak yang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah, melebarkan diameter pembuluh darah, melancarkan aliran darah, mencegah terbentuknya bekuan/gumpalan darah dan juga memperbaiki mikrosirkulasi seluruh tubuh.
  • Cordyceps Capsule berkhasiat untuk meningkatkan aliran darah di pembuluh otak, meningkatkan memori dan kemampuan kognitif serta mengurangi risiko stroke iskemik. Selian itu juga dapat meningkatkan aliran darah di pembuluh perifer untuk mencegah tembentuknya aterosklerosis (pengerasan pembuluh) dan juga ampuh mengobati komplikasi diabetes.
  • Relief Granules merupakan obat herbal yang berfungsi untuk mencegah CCCI (chronic Cerebral Circulatin Insuficiency) yaitu kondisi kekurangan aliran darah ke otak yang berlangsung lama. Selain itu juga relief granules berkhasiat untuk memperbaiki mikrosirkulasi pada bagian kepala yang rusak, mencegah dan menyembuhkan stroke serta mencegah terjadinya serangan stroke kembali.

Demikianlah penjelasan tips cara mencegah penyakit stroke yang bisa anda lakukan, merubah gaya hidup dan pola makan dengan yang lebih sehat akan sangat membatu Anda terhindar dari serangan penyakit stroke.

Scroll To Top