Home | Informasi Penyakit | 6 Cara Mengatasi Jantung Berdebar

6 Cara Mengatasi Jantung Berdebar

Cara mengatasi jantung berdebar – Apakah Anda sering merasakan jantung berdebar kencang? Rasa panik, gugup, cemas dan stress tinggi dapat mengakibatkan detak jantung Anda tidak beraturan atau berdebar beberapa saat lalu kemudian akan hilang dengan sendirinya.

Jantung manusia dalam waktu setahun berdetak sekitar 36 juta kali. Wajar jika seringkali Anda merasakan jantung Anda berdetak lebih cepat atau sesekali iramanya hilang dan tidak beraturan.

Akan tetapi jika Anda mengalami jantung berdebar dalam waktu yang lama apalagi anda mempunyai riwayat penyakit jantung, darah tinggi atau katup jantung Anda pernah bermasalah Anda harus mewaspadainya. Jantung berdebar juga merupakan sebuah tanda adanya masalah pada sistem tubuh terutama masalah pada sistem kelistrikan jantung.

Untuk itu, kami mencoba memberikan sedikan tips cara mengatasi jantung berdebar yang bisa Anda terakan di saat Anda merasa jantung Anda berdebar-debar kencang.

cara mengatasi jantung berdebar

6 Tips Cara Mengatasi Jantung Berdebar Debar dengan Cepat

  1. Duduk dengan Posisi Kaki Menjadi Lebih Tinggi dari Jantung
    Tips cara mengatasi jantung berdebar yang pertama adalah dengan cara duduk bersandar lalu angkat kaki Anda lebih tinggi dari jantung. Tarik nafas dalam-dalam secara perlahan sampai Anda mesakana rongga perut Anda membersar lalu lepas nafas Anda dan lakukan secara berulang sampai Anda merasa irama detak jantung kembali normal. Dengan melakukan posisi tersebuat Anda akan merasa rileks dan juga melancarakan peredaran darah serta membatu jantung untuk meormalkan irama detak jantungnya.
  2. Perbanyak Minum Air Putih
    Dehidrasi atau kekuarangan cairan dipercaya dapat mengakibatkan jantung berdebar, oleh sebat itu memperbanyak minum air putih dapat mencagah dehidrasi sekaligus membantu mengatasi jantung berdebar dengan cepat.
  3. Lakukan Trik Valsalva
    Trik valsava adalah tips cara mengatasi jantung berdebar yang bisa Anda lakukan jika masalah jantung berdebar Anda masih berlanjut. Trik valsalva bisa dilakukan dengan cara pencet 2 lubat hidung Anda, tutup mulu dan cobalah untuk mengeluarkan nafas. Trik valsalva bertujuan untuk meningkatkan tekanan darah sesaat dan membantu ‘mereset’ jantung Anda.
  4. Tidur Cukup dan Berkualitas
    Faktor kelelahan dan kurang tidur juga dapat menyebabkan jantung berdebar. Cukupi jam tidur anda, dan biarkan tubuh mendapatkan waktu untuk beristirahat dengan cukup agar organ tubuh kita bisa bekerja secara maksimal. Waktuu tidur yang cukup bagi setiap orang berbeda-beda tergantung usia dan kondisi biologis masing-masing individu.
  5. Mengelola Stress
    Tingkat sterss yang tinggi seringkali menyebabkan jantung berdebar-debar. Secara alami akan merespon tingkat stress yang Anda derita salah satu alarmnya adalah jantung berdebar-debar. Luang waktu minimal 30 menit untuk menenangkan pikiran Anda, Anda bisa melakukannya dengan mendengarkan music, meditasi, yoga atau apapun yang dapat membuat pikiran Anda kembali fresh.
  6. Perhatikan Obat-obatan yang Anda Konsumsi
    Beberapa obat-obatan dapat mengakibatkan jantung berdebar-debar, jika Anda tidak sangat membutuhkannya, cobalah untuk tidak mengkonsumsi beberapa obat seperti beberapa obat asma, obat-obatan anti-alergi dan obat-obatan diet apalagi yang terbuat dari bahan kimia. Jika Anda sering mengalami jantung berdebar konsultasikan terlebih dahulu jika Anda akan mengambil resep obat.

Tips Lain Cara Mengatasi Jantung Berdebar

Tips lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jantung berdebar, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Rubah gaya hidup dan pola makan dengan yang lebih sehat
  • Berolah raga secara rutin setidaknya 3-4 kali dalam seminggu, Anda bisa melakukan olahraga seprti jalan cepat, atau jogging.
  • Hindari makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah karena dapat memicu jantung berdebar.
  • Hindari atau kurangi minuman berkafein dan beralkohol

Beberapa tips cara mengatasi jantung berdebar diatas bertujuan untuk mengatasi jantung berdebar yang sering muncul secara tiba-tiba. Tips diatas tidak mungkin 100% dapat mencegah dan mengatai jantung berdebar yang Anda alami, tetapi dengan selalu memperhatikan pola makan dan melakukan tips cara mengatasi jantng berdebar di atas, di harapkan intensitas atau lamanya jantung berdebar dapat diminimalisir.

Jika Anda telah melakukan semua tips diatas tapi Anda masih sering mengalami jantung berdebar, ada baiknya Anda mengkonsumsi obat herbal jantung berdebar yang terbuat dari 100% bahan herbal dan telah terbukti secara ilmiah dapat memperbaiki elektro-kardiogram atau sistem kelistrika jantung.

Scroll To Top