Antara Sore, Diabetes, dan Cara menyembuhkannya

Tgl 1 februari 2017 adalah tanggal dimana film yang diperankan Dion wiyoko menjadi buah bibir nitizen. Soalnya Film tersebut tengah menjadi perbincangan hangat karena membahas tentang ( penyakit diabetes) . Dion wiyoko sudah terkenal membawakan film-film berkualitas semenjak dia muncul di film srigala terakhir di tahun 2010. Perbedaanya kali ini, dia mencuri perhatian dengan memainkan film sebanyak 9 episode untuk ranah webseries dan sudah di launching di chanel youtube tersendiri.

.
Film ini berjudul “SORE” . Film  tentang pria workalholic atau seorang pecandu kerja yang suatu masa di datangi oleh seorang wanita bernama Sore .
.
Sang pria tidak mengerti kenapa tiba-tiba di kamarnya muncul seorang wanita tidak dikenal dan mulai mengikuti kemanapun sang pria pergi untuk beraktivitas. Yang lebih tidak masuk akal lagi, ternyata sang wanita itu mengakui bahwa dia adalah istri masa depannya sang pria. Dan tujuannya di datang ke masa lalu untuk mengingatkan sang suami agar mulai berhenti dari kebiasaan-kebiasaan yang justru merusak tubuhnya. Dan berharap bisa memperbaiki keadaan karena suami di masa depan sudah meninggal.
.
Kisah Sore memang sebuah drama keluarga yang tidak boleh diabaikan. Terlepas dari iklan yang ditampilkan oleh filmnya, sebenarnya diabetes adalah musuh nomor 2 setelah sakit jantung.
Banyak sekali herbal-herbal untuk diabetes yang tujuannya menyembuhkan penyakit ini. Tapi sebenarnya apabila kebiasaan atau pola hidup berantakan tidak dirubah , jenis pengobatan apapun akan sia-sia dan percuma saja.
.
Film Sore sendiri menggambarkan cukup baik untuk kehidupan seorang calon penyakit diabetes. Seorang pekerja keras yang lebih mementingkan urusan kerjaan ketimbang kesehatan, orang yang tidak pernah olahraga, dan sering mengkonsumsi minum-minuman beralkohol sudah layak dikatakan sebagai calon pria yang cepat mati sebelum umur 40 tahun.
.
Gejala & Penyebab Diabetes
Apa saja gejala diabetes?
Gejala diabetes meliputi :
 -bertambah rasa haus dan keseringan buang air kecil
rasa lapar meningkat.
– mudah lelah
-penglihatan mulai kabur
-sering mati rasa atau kesemutan di area kaki atau tangan
-Luka yang tidak kunjung sembuh
-penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.
.
Diabetes terbagi 2 ,Tipe 1 dan diabetes tipe 2 .
.
Gejala diabetes tipe 1 bisa cepat dimulai dalam hitungan minggu. Gejala diabetes tipe 2 sering berkembang perlahan-selama beberapa tahun dan biasanya penderita   tidak menyadarinya. Banyak penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki gejala. Beberapa orang tidak mengetahui atau tidak merasakan gejala di saat mereka memiliki penyakit ini sampai akhirnya  mereka memiliki masalah kesehatan terkait diabetes, seperti penglihatan mulai kabur atau masalah pada jantung.
.
Apa penyebab diabetes tipe 1?
Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda melawan infeksi, menyerang dan menghancurkan sel  pankreas yang memproduksi insulin. Ilmuwan berpendapat diabetes tipe 1 disebabkan oleh gen dan faktor lingkungan, seperti virus yang bisa memicu penyakit.
.
Apa penyebab diabetes tipe 2?
Diabetes tipe 2 merupakan bentuk atau efek diabetes yang paling umum  biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk faktor gaya hidup dan gen. Gaya hidup disini adalah pola hidup yang tidak sehat. Contohnya terlalu banyak minum kopi atau makan-makanan mengandung lemak dan gula berlebih. Kerja sampai larut malam dan minim istirahat, stress, dan sejenisnya. Kalau faktor gen tentu semua orang sudah paham. Artinya jika di keluarga kita atau orang tua kita memiliki resiko diabetes , biasanya akan menurun pada anak-anaknya.
.
Kelebihan berat badan, obesitas, dan ketidak aktifan fisik
Kita akan lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 jika kita tidak aktif secara fisik hingga kelebihan berat badan atau obesitas. Berat badan ekstra kadang-kadang menyebabkan resistensi insulin yang biasanya terjadi orang dengan diabetes tipe 2. Lokasi lemak tubuh juga membuat perbedaan. Lemak perut hingga membuncit dikaitkan dengan resistensi insulin pada diabetes tipe 2, hingga akhirnya muncul gejala penyakit jantung dan masalah pembuluh darah. Untuk melihat apakah berat badan kita akan terkena risiko diabetes tipe 2 atau tidak , lihat grafik Body Mass Index (BMI) ini.
.
Resistensi insulin
Diabetes tipe 2 biasanya dimulai dengan resistensi insulin, suatu kondisi dimana sel otot, hati, dan lemak tidak menggunakan insulin dengan baik. Akibatnya, tubuh kita membutuhkan lebih banyak insulin untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel. Pada awalnya, pankreas membuat lebih banyak insulin untuk mengikuti kestabilan metabolisme tubuh. Seiring waktu, pankreas tidak dapat lagi membuat insulin yang cukup, dan akhirnya kadar glukosa darah meningkat.
.
Gen dan riwayat keluarga
Seperti pada diabetes tipe 1, gen tertentu mungkin membuat kita lebih mungkin terkena diabetes tipe 2. Penyakit ini cenderung berjalan dalam keluarga dan lebih sering terjadi pada kelompok ras / etnis ini:
Orang Amerika keturunan Afrika
Penduduk asli Alaska
Orang Indian Amerika
Orang Amerika asia
Hispanik / Latin
orang Asli Hawaii
.
Gen juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dengan meningkatkan kecenderungan seseorang untuk menuju kelebihan berat badan atau obesitas. Walau data gen diatas tidak disebutkan orang Indonesia ,bukan berarti kita tidak akan terkena dampak diabetes. Maksud data diatas adalah orang2 yang berpotensi lebih banyak terkena diabetes ketimbang warga negara lain. Namun apabila orang tua kita terkena diabetes makan kita wajib hati-hati. Gen darah berpotensi besar membuat kita juga bisa terkena diabetes.
.
Gestational Diabetes
Apa yang menyebabkan gestational diabetes?
Para ilmuwan mengungkapkan bahwasannya diabetes gestasional, sejenis diabetes yang berkembang selama kehamilan, disebabkan oleh perubahan hormonal kehamilan seiring dengan faktor genetik dan gaya hidup.
.
Resistensi insulin
Hormon yang diproduksi oleh plasenta berkontribusi terhadap resistensi insulin, yang terjadi pada semua wanita selama akhir kehamilan. Kebanyakan wanita hamil bisa menghasilkan insulin yang cukup untuk mengatasi resistensi insulin, namun beberapa wanita hamil lainnya tidak tidak mampu. Gestational diabetes terjadi saat pankreas tidak bisa membuat cukup insulin.
Seperti diabetes tipe 2, berat badan ekstra terkait dengan diabetes gestasional. Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas mungkin sudah memiliki resistensi insulin saat mereka hamil. Berat badan terlalu banyak selama kehamilan juga bisa menjadi faktor seorang wanita mengalami gestational diabetes.
.
Gen dan riwayat keluarga
Memiliki riwayat keluarga yang pernah terkena diabetes membuatnya lebih mungkin seorang wanita akan mengalami diabetes gestasional.
.
Apa lagi yang bisa menyebabkan diabetes?
Mutasi genetik, penyakit lain, kerusakan pankreas, dan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan diabetes.
.
Mutasi genetik
Diabetes monogenik disebabkan oleh mutasi, atau perubahan pada gen tunggal. Perubahan ini biasanya melewati keluarga, tapi terkadang mutasi gen terjadi sendiri. Sebagian besar mutasi gen ini menyebabkan diabetes dengan aktivitas pankreas yang kurang mampu membuat insulin. Jenis yang paling umum dari diabetes monogenik adalah diabetes neonatal dan diabetes onset maturitas pada anak muda (MODY). Diabetes neonatal terjadi pada 6 bulan pertama kehidupan. Dokter biasanya mendiagnosis MODY selama masa remaja atau awal masa dewasa, namun terkadang penyakit ini tidak terdiagnosis sampai di kemudian hari.
Cystic fibrosis menghasilkan lendir tebal yang menyebabkan jaringan parut di pankreas. Jaringan parut ini bisa mencegah pankreas membuat cukup insulin. Hemochromatosis menyebabkan tubuh menyimpan terlalu banyak zat besi. Jika penyakitnya tidak diobati, zat besi bisa terbentuk dan merusak pankreas dan organ tubuh lainnya.
.
penyakit hormon
Beberapa penyakit hormon menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak hormon tertentu, yang terkadang menyebabkan resistensi insulin dan diabetes.
Penyakit hormon seperti Sindrom Cushing, Akromegali, dan Hipertiroidisme.
.
Sindrom Cushing terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak kortisol yang sering disebut “hormon stres”.
Akromegali terjadi saat tubuh memproduksi hormon pertumbuhan terlalu banyak.
Hipertiroidisme terjadi saat kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid.
.
Kerusakan atau pemindahan pankreas
Pankreatitis, kanker pankreas, dan beberapa kasus trauma sel tubuh semuanya dapat membahayakan sel beta atau membuat mereka kurang mampu menghasilkan insulin, yang mengakibatkan diabetes. Jika pankreas yang rusak diangkat, diabetes akan terjadi karena hilangnya sel beta.
.
Obat-obatan
Terkadang obat-obatan tertentu bisa membahayakan sel beta atau mengganggu cara kerja insulin. beberapa daftar obat Ini termasuk
niacin, sejenis vitamin B3
Beberapa jenis diuretik, juga disebut pil air
obat anti kejang
obat kejiwaan
obat untuk mengobati human immunodeficiency virus (HIV)
pentamidin, obat yang digunakan untuk mengobati jenis pneumonia
glukokortikoid – obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis, asma, lupus, dan kolitis ulserativa.
Obat anti-rejection medicines, digunakan untuk membantu menghentikan tubuh dari penolakan organ yang ditransplantasikan.
Statin, yang merupakan obat-obatan untuk mengurangi kadar kolesterol LDL (“buruk”), sedikit meningkatkan kemungkinan Anda terkena diabetes. Namun, statin membantu melindungi Anda dari penyakit jantung dan stroke. Untuk alasan ini, manfaat kuat dari mengambil statin lebih besar daripada kemungkinan kecil Anda terkena diabetes.
.
Jika Anda menggunakan obat-obatan ini dan khawatir dengan efek sampingnya, bicarakan dengan dokter berpengalaman untuk antisipasinya.
.
cara mengobati penyakit diabetes
Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes.
.
Diet makan-makanan sehat dan jangan lagi makan makanan mengandung lemak itu adalah terapi kesehatan untuk diabetes . menjalankan program diet seperti Raw food, tidak merokok, hindari minuman dengan kadar gula tinggi seperti kopi, teh dan cola dengan takaran berlebih. Dan olahraga seminggu 3 x. Olahraga bisa skipping, fitnes, bersepeda, renang, bermain bola, voli, dan lain-lain. Intinya tubuh jangan dibiasakan untuk diam dan tidak beraktivitas.
Antisipasi stress.
Stres dalam otak malah menciptakan energi dan insulin terkuras semakin banyak. Maka itu orang stress malah semakin banyak makan, atau justru tidak mood makan sama sekali. Kedua-dua hal tersebut karena efek stres. Jangan biarkan pekerjaan membuat otak semakin terbebani. jangan pula menyalahkan istri atau anak-anak karena lupa akan ulang tahun anda. Jangan pula anda membentak gebetan karena dia tidak menerima cinta anda. Justru apabila itu menjadi pikiran, malah menciptakan beban pikiran yang menjadikan otak terbiasa untuk membiarkan stres berlangsung. Stres berlebih mengakibatkan beberapa hal dalam kehidupan hancur lebur dan efeknya, kesehatan menjadi taruhannya.
 baca artikel kami selengkapnya : Bitter Melon Capsule Obat Diabetes Herbal alami
Rutin berolahraga 3 kali seminggu menjadi program wajib bagi umat manusia karena salah satu efek positif dari olahraga adalah mengontrol metabolisme tubuh dan jaringan -jaringan otak. Meditasi juga menjadi obat untuk khalangan atas demi memperpanjang kesehatan pikiran.