Astagaaa jangan sampai terkena STROKE dan cara menyembuhkan penyakit stroke

Masih ingat dengan berita di januari 2017 dimana media di hangatkan dengan pemberitaan seorang artis yang mengeluh karena pelayanan BPJS kurang menguntungkan bagi pihak keluarganya. Pria itu adalah vokalis band Elkasih , El ibnu, dimana nitizen dimanjakan dengan karya lagunya berjudul Kau Tigakan Cintaku yang populer ditahun 2008.
Sebenarnya El ibnu sudah terkena stroke di tahun 2015 , dan semakin kesini kondisinya semakin serius dan memprihatinkan. Di tanggal 10 januari 2017 El ibnu menguak beberapa hal yang terkait dengan penyakitnya itu. Selain video di instagramnya yang memperlihatkan dirinya berjalan dengan tongkat untuk berjuang agar terus hidup, diia juga mengunggah surat terbuka yang ditujukan langsung pada pak Presiden Jokowi tentang pelayanan BPJS yang cukup mengecewakan bagi diri dan keluarganya. Web ini tidak akan serta merta menaruh kalimat-kalimat el ibnu tentang isi surat itu. Karena isi surat itu bisa anda cari dan browsing dinternet. Intinya adalah El ibnu ingin mekanisme dari program Bpjs diperbaiki dan benar-benar bisa saling memberi pelayanan yang baik bagi masyarakat.
.
Anda yang sudah pernah melihat berita el ibnu tersebut mungkin menganggap pemberitaan tersebut sudah biasa dan tidak mengherankan. Namun inti sebenarnya dari cerita diatas adalalah bahwa siapa saja bisa terkena stroke walau artis sekalipun.
.
Penyebab stroke
Stroke terjadi saat aliran darah ke bagian otak kita terputus. Tanpa oksigen dalam darah, sel otak mulai mati dalam hitungan menit. Untuk membantu mencegah stroke, pelajari penyebabnya dan hal-hal yang dapat meningkatkan peluang kita untuk pencegahannya.
.
Jenis Stroke
Stroke bisa terjadi dengan dua cara utama: yaitu Sesuatu menghalangi aliran darah, atau sesuatu menyebabkan pendarahan di otak.
.
Stroke iskemik. 8  dari 10 orang penderita stroke mengalami  pembuluh darah yang tersumbat. Hal ini terjadi ketika endapan lemak di arteri pecah dan pecahan arterinya berjalan ke otak atau ketika darah yang buruk mengalir dari detak jantung yang tidak teratur akhirnya membentuk gumpalan darah. hingga akhirnya terjadi penyumbatan darah.
.
Stroke Hemoragik . Ini sebenarnya jarang terjadi dibanding stroke iskemik , tapi kasusnya bisa lebih serius. Dimana kondisi ketika pembuluh darah di dalam otak tiba-tiba pecah sehingga mengakibatkan pendarahan parah di dalam jaringan otak.
.
Gejala-gejala  orang yang terkena stroke hemoragik :
Pingsan
Sakit kepala parah
Daya penglihatan menurun
Tremor
Kehilangan koordinasi dan keseimbangan tubuh
Kejang
Lengan dan kaki terasa lemas
Mual dan muntah
Sulit bicara
.
penyebab penyakit stroke
Anda bisa mengobati beberapa kondisi yang membuat anda lebih mungkin terkena stroke.
Namun ada Hal-hal tertentu  yang membuat resiko stroke tidak dapat diubah. Di bawah ini beberapa daftarnya :
.
Tekanan darah tinggi. Dunia medis menyebut kondisi ini sebagai hipertensi. Ini adalah penyebab stroke terbesar sepanjang masa. Jika tekanan darah Anda biasanya 140/90 atau lebih tinggi, maka anda wajib konsultasikan kondisi darah anda pada pakar kesehatan untuk penanggulangannya.
.
Produk Tembakau. Tembakau yang dihisap (Merokok) atau mengunyahnya bisa menimbulkan kemungkinan terkena stroke. Nikotin membuat tekanan darah Anda naik. Asap rokok menyebabkan penumpukan lemak di arteri leher. Ini juga menebalkan darah anda dan membuatnya lebih cenderung menggumpal.
.
Penyakit jantung. Kondisi ini terjadi karena katup jantung yang rusak serta atrial fibrillation, atau detak jantung tidak teratur, yang menyebabkan seperempat dari semua stroke berawal dari gen orang tua. Inilah yang menyebabkan tersumbatnya arteri dari munculnya timbunan lemak.
.
Diabetes. Penderita jenis penyakit ini sering memiliki tekanan darah tinggi dan cenderung kelebihan berat badan. Keduanya meningkatkan kemungkinan stroke. Diabetes merusak pembuluh darah  yang membuat stroke lebih mungkin terjadi. Jika Anda mengalami stroke saat kadar gula darah anda tinggi, maka biasanya potensi kemungkinan cedera pada otak anda akan terjadi.
.
Antara berat badan  dan olahraga.
Kemungkinan stroke  akan meningkat jika Anda kelebihan berat badan. Anda bisa menurunkan peluang derita ini  dengan berolahraga setiap hari. Berjalanlah 30 menit dengan cepat, atau lakukan latihan penguatan otot seperti pushups atau fitnes. Intinya adalah jangan sampai membiasakan diri untuk malas dan membiarkan timbangan badan makin kekanan.
.
Obat-obatan.
 Beberapa obat bisa meningkatkan kemungkinan terkena stroke. Misalnya, obat pengencer darah, yang mana obat ini sudah disarankan dokter untuk mencegah pembekuan darah, terkadang dapat membuat stroke lebih mungkin terjadi melalui pendarahan. Studi telah menghubungkan terapi hormon, yang digunakan untuk gejala menopause seperti Terapi hot flashes, dengan risiko stroke yang lebih tinggi. Dan estrogen dosis rendah yang ada pada pil KB juga bisa membuat peluang terkena stroke semakin meningkat.
.
Faktor Usia.
Siapapun bisa terkena stroke, bahkan bayi di dalam rahimpun bisa berpotensi terjangkit stroke. Umumnya, kesempatan orang-orang yang terkena stroke adalah orang tua yang berusia diatas 50 tahun. Namun semakin kesini stroke lebih mudah terjangkit oleh usia-usia muda sebelum umur 30 tahunan.
.
Keluarga. Stroke dapat berjalan dalam penyakit turunan keluarga. Anda dan saudara Anda mungkin memiliki kecenderungan untuk mendapatkan tekanan darah tinggi atau diabetes. Beberapa stroke dapat disebabkan oleh kelainan genetik itulah yang pada akhirnya menghalangi aliran darah ke otak.
Jenis kelamin. Wanita sedikit lebih kecil kemungkinannya memiliki stroke dibanding pria. Tapi wanita memiliki stroke di usia lanjut, yang membuat mereka cenderung tidak pulih dan kemungkinan besar akan meninggal setelahnya.
.
Ras. Stroke mempengaruhi orang Amerika atau ras Afrika-Amerika dan orang Amerika Hispanik atau non-Hispanik yang mana ras ini jauh lebih sering terkena stroke daripada kelompok ras lain , kondisi genetik yang dapat mempersempit arteri dan mengganggu aliran darah, juga lebih umum terjadi pada kelompok ini dan pada orang-orang yang keluarganya berasal dari Mediterania, Timur Tengah, atau Asia.
.
 cara menyembuhkan penyakit stroke
Karena stroke iskemik dan hemoragik disebabkan oleh faktor yang berbeda, tapi keduanya memerlukan berbagai bentuk pengobatan. Tidak hanya penting bahwa jenis stroke didiagnosis dengan cepat untuk mengurangi kerusakan yang terjadi pada otak, namun juga karena perawatan yang sesuai untuk satu jenis stroke bisa berbahaya bagi seseorang yang memiliki jenis yang berbeda.
.
Bagaimana stroke iskemik diobati?
Stroke iskemik disebabkan oleh arteri yang tersumbat atau menyempit, sehingga perawatan berfokus pada pemulihan aliran darah yang cukup melalui otak.
.
Pengobatan bisa dimulai dengan obat-obatan untuk memecah gumpalan darah dan mencegah kerusakan-kerusakan sel disekitarnya . Aspirin bisa diberikan, semisal  suntikan aktivator plasminogen jaringan (TPA). TPA sangat efektif dalam melarutkan gumpalan namun perlu disuntikkan dalam 4.5 jam saat gejala stroke mulai.
Prosedur darurat meliputi pemberian TPA langsung ke arteri  otak atau menggunakan kateter untuk menghilangkan gumpalan secara fisik. Studi terbaru mempertanyakan keefektifan metode ini, dan penelitian masih berlanjut mengenai bagaimana melakukan prosedur ini.
.
Ada prosedur lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko stroke atau TIA. Endarterektomi karotis melibatkan ahli bedah yang membuka arteri karotid dan mengeluarkan plak yang mungkin menghalangi pendarahan pada otak.
Sebagai alternatif, angioplasti melibatkan ahli bedah  dimana menangani arteri yang sudah menyempit melalui kateter dan kemudian memasukkan stent (tabung mesh) ke dalam lubang untuk mencegah arteri menyempit lagi.
.
Bagaimana stroke hemoragik diobati?
 Stroke hemoragik disebabkan oleh perdarahan ke dalam otak, jadi pengobatan berfokus pada pengendalian aliran darah dan mengurangi tekanan pada otak.
Pengobatan bisa dimulai dengan obat yang diberikan untuk mengurangi tekanan di otak, mengendalikan tekanan darah secara keseluruhan, mencegah kejang dan mencegah penyempitan pembuluh darah secara tiba-tiba juga akan diantisipasi. Jika pasien stroke memakai anti-koagulan pengencer darah atau obat anti-platelet seperti Warfarin atau Clopidogrel, pasien tersebut dapat diberi obat untuk melawan efek pengobatan atau transfusi darah untuk mengatasi kehilangan darah berlebihan.
.
Pembedahan juga dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah dengan pembuluh darah yang telah menyebabkan atau bisa menyebabkan stroke hemoragik. Ahli bedah dapat menempatkan klem kecil di dasar aneurisma atau mengisinya dengan kumparan yang sudah dilepas untuk menghentikan aliran darah dan mencegah pecahnya aliran darah tersebut.
Jika perdarahan disebabkan oleh malformasi arteriovenosa (AVMs), operasi juga dapat digunakan untuk penanganan yang lebih maksimal. AVM adalahsituasi dimana antara arteri dan vena yang menjadi lemah dan berpotensi meledak jika tidak ditangani dengan metode operasi.
.

Rehabilitasi

Stroke adalah peristiwa yang mengubah kehidupan yang dapat mempengaruhi seseorang baik secara fisik maupun emosional baik itu sementara atau permanen. Setelah mengalami stroke, pemulihan yang berhasil seringkali melibatkan kegiatan rehabilitatif spesifik seperti:
.
Speech therapy atau Terapi berbicara – untuk membantu mengatasi masalah atau memahami ucapan. Berlatih, santai, dan mengubah gaya komunikasi, menggunakan gerak tubuh atau nada yang berbeda. Intinya adalah agar lidah dan gerakan mulut bisa kembali terkordinasi dan mulai mampu berbicara dengan baik.
.
Terapi fisik – untuk membantu seseorang mempelajari kembali gerakan dan bergerak lebih baik,  penting untuk keluar ruangan dan tidak bermanja-manja atau pasrah dirumah. Terapi fisik wajib dilakukan pasca penyembuhan stroke .
.
Terapi okupasi – untuk membantu seseorang meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan kegiatan rutin sehari-hari, seperti mandi, memasak, berpakaian, makan, membaca, dan menulis, biasa terapis stroke menyarankan pasien untuk bergabung dengan kelompok pendukung -Kelompok atau komunitas ini bertujuan untuk membantu masalah kesehatan mental umum para penderita stroke  seperti depresi , stres, dan sejenisnya. Intinya adalah agar mereka tidak menyerah pada hidup.
.
Dukungan dari teman dan keluarga – untuk memberikan dukungan dan kenyamanan praktis. Paisen stroke wajib mendapat perhatian dari teman dan keluarga agar perkembangan pada pemulihannya benar-benar tercapai dengan baik.
Rehabilitasi adalah bagian penting dari proses perawatan. Dengan bantuan yang tepat, rehabilitasi terhadap kualitas hidup yang normal memungkinkan seseorang penderita stroke akan kembali bisa hidup normal dengan baik.
.
 Pencegahan stroke
Cara terbaik untuk mencegah stroke adalah mengatasi penyebab yang mendasarinya. Hal ini paling baik dilakukan dengan cara hidup sehat:
-Mengonsumsi makanan sehat.
-Mempertahankan berat badan yang sehat.
-Berolahraga secara teratur.
-Jangan merokok
-Menghindari alkohol .
.
Mengonsumsi makanan sehat berarti banyak buah, sayuran, dan biji-bijian, kacang-kacangan,  makan sedikit atau tidak ada daging merah atau olahan; membatasi asupan kolesterol dan lemak jenuh (biasanya ditemukan pada makanan yang berasal dari hewan); dan meminimalkan asupan garam sehingga bisa mendukung tekanan darah yang sehat.