Obat jantung koroner ampuh,swollen capsule,icp capsule| 081932603877

Obat jantung koroner ampuh,obat asam lambung, swollen capsule, sea buckthorn oil, icp capsule

Efek Diabetes Pada Kulit

Efek Diabetes Pada Kulit

Efek Diabetes Pada Kulit

 

Efek Diabetes Pada Kulit – Secara awam penyakit diabetes adalah suatu kondisi dimana kadar gula dalam tubuh tidak normal, sebagai akibat tubuh yang tidak mampu memproduksi atau merespon insulin.

Pada stadium yang lanjut, kaki diabetes yang tidak terjaga gula darahnya akan rentan pada kematian sel pada kaki atau jamak disebut gangrain. Kalau tidak segera ditangani kaki yang seperti ini sulit sembuh dan satu-satu nya jalan adalah dengan cara amputasi agar kerusakan sel tidak makin menyebar.

Baca juga : Diet Sehat Penyakit Jantung Koroner

Agar tidak terjadi hal seperti itu para penderita DM memang harus segera memberikan perhatian lebih pada kondisi kakinya. Kesalahan paling fatal para penderita adalah lebih focus pada usaha untuk menurunkan gula darah atau memperhtahankan gula darahnya agar tetap stabil. Padahal gula darah yang stabil tetap bisa mencetuskan luka yang tak sembuh-sembuh di kaki.

Efek Diabetes Pada Kulit

 

Penyakit diabetes ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita. Berikut ini beberapa efek diabetes pada kulit yang umum dialami para penderita diabetes:

  1. Infeksi Kulit Karena Bakteri dan Jamur

Menurunnya kekebalan tubuh penderita diabetes menyebabkan mereka mudah sekali terserang infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Selain itu, lambatnya sirkulasi darah menyebabkan kesehatan kulit menurun, sehingga rentan terserang infeksi.

  1. Scleroderma Diabeticorum

Kondisi ini ditandai dengan adanya penebalan pada kulit, terutama di bagian belakang leher dan punggung bagian atas. Karena adanya serangan infeksi oleh jamur, maka kulit menjadi kering dan terlihat lebih gelap.

  1. Pigmentasi

Efek diabetes pada kulit selanjutnya adalah pigmentasi. Pada kondisi ini tampak bercak kulit di beberapa bagian tubuh berbeda dan mulai mengalami kerusakan melanosit. Jika kondisi ini terus berkembang, maka akan terjadi penngelapan dan penebalan kulit, khususnya pada daerah lipatan kulit seperti payudara, ketiak, selangkangan, siku dll.

  1. Aterosklerosis dan Neuropati Diabetic

Aterosklerosis adalah kondisi dimana kulit kaki menjadi tipis, berbulu dan permukaannya menjadi sangat halus. Akibatnya, kaki sulit menerima rangsangan seperti panas, dingin atau rasa nyeri. Sedangkan Neuropati Diabetic adalah kondisi dimana terjadi kerusakan besar pada sisitem saraf sebagai akibat dari kadar gula darah yang tidak terkontrol.

Baca Juga : Cara mengobati penyakit Diabetes Dengan Pil Ajaib

  1. Insulin Hipertropi

Kondisi ini ditandai dengan meningkatnya sel-sel lemak di sekitar area injeksi insulin dilakukan. Terutama jika insulin yang digunakan berasal dari daging sapi atau babi.

Untuk mencegah terjadinya masalah kaki pada pasien DM, pertama-tama yang wajib dilakukan adalah mengendalikan kadar gula darah senormal mungkin.

Sembari menjaga gula darah agar tetap stabil, penderita diabetes juga harus membiasakan diri merawat kakinya. Merawat harus telaten dan konsisten demi untuk membentuk kaki yang sehat bebas dari gangguan luka.

Perawatan Kulit penderita Diabetes

Nah, bagaimana cara merawat kulit penderita diabetes agar terhindar dari resiko amputasi? Perawatan harian yangdirekomendasikan adalah :

  1. Setelah beraktifitas cucilah kaki dengan sabun dan air hangat. Setelah bersih, kaki harus dikeringkan dengan benar sampai ke sela-sela jari. Hal ini dilakukan agar kaki tidak terinfeksi jamur.
  2. Oleskan pelembab untuk mencegah kulit kering, tetapi jangan oleskan pelembab pada sela-sela jari. Hal ini akan semakin membuat sela semakin lembab dan rentan mengalami pembengkakan
  3. Saat mencuci kaki, perhatikan kaki Anda. Apakah ada sesuatu yang mencurigakan seperti bercak merah, luka, kapalan, bernanah, kuku kuning dan rapuh, bengkak, kulit kaki pecah pecah ataupun lecet. Kalau mengetahui itu segera beri perhatian khusus.
  4. Perhatikan juga warna kulit kaki yang menjadi biru atau hitam. Hal ini menandakan aliran darah yang buruk sehingga butuh penanganan segera. Apabila telapak kaki sulit untuk dilihat, maka minta tolong kepada orang serumah atau gunakan cermin untuk melihatnya.

Dengan berbagai kemajuan di bidang kedokteran, khususnya untuk mengendalikan gula darah dan meningkatkan penyerapan insulin tubuh, ditambah dengan produk perawatan kulit, efek diabetes pada kulit dapat lebih mudah diatasi. Olah raga teratur juga dapat membantu mencegah terjadinya efek buruk diabetes pada kulit. Demikian artikel ini kami sajikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2015 Toko Herbal Online Muara Farma | Kebijakan Privasi | Syarat dan Ketentuan | Sitemap Frontier Theme