Home | Produk | ICP Capsule | Inilah Makanan Pantangan Bagi Penderita Darah Tinggi

Inilah Makanan Pantangan Bagi Penderita Darah Tinggi

Makanan pantangan pada pasien tekanan darah tinggi

Inilah Makanan Pantangan Bagi Penderita Darah Tinggi

muarafarma.com– Waspadalah jika Anda sudah didignosa oleh dokter mengidak tekanan darah tinggi, segeralah rubah  pola makan, gaya hidup Anda karen amenjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati. Tekanan darah tinggi merupakan sangat beresiko terhadap terjadinya serangan stroke  dan serangan jantung. Berikut ini beberapa hal /aturan dalam memilih makanan untuk penderita tekanan darah tinggi.Setelah Anda didiagnosa tekanan darah tinggi/hypertensi , Anda harus segera melakukan pantangan untuk mengonsumsi garam dalam jumlah yang berlebih. Namun, apa daya, sehari-hari orang-orang tidak mungkin bisa makan tanpa adanya sejumput garam dalam makanannya apalagi mengetahui makanan apa saja yang mengandung tinggi garam, selain itu saya akan uraikan makanan dan minuman apa saja yang harus anda batasi  :

1. Jangan Konsumsi Makanan Asin/ Garam
Mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan banyak garam adalah pantangan yang sangat utama bagi penderita tekanan darah tinggi , bahkan bagi orang yang belum didignosa darah tinggi sebaiknya segera mengurangi konsumsi garam.   Makanan untuk penderita tekanan darah tinggi harus minimal garam atau digantikan dengan garam himalaya. Garam yang terlampau tinggi akan dapat merusak pembuluh darah dan arteri dalam jantung sehingga bisa meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung. Ingat kebutuhan garam untuk orang sehat saja hanya 1 sendok teh dalam sehari.

baca artikel ini :

6 Makanan Tinggi Garam Pemicu Serangan Jantung dan Stroke

2. Jauhi Makanan Tinggi Lemak Jenuh
Makanan yang mengandung lemak jenuh seperti lemak pada daging sapi, domba dan minyak sawit sangat dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. asupan lemak trans atau jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan resiko kegemukan yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Selain itu penderita darah tinggi juga sangat dilarang untuk konsumsi makanan yang digoreng karena bisa meningkatkan resiko serangan jantung. (Makanan yang mengandung kolesterol)

baca :  Jenis Makanan Berkolesterol Tinggi dan Sedang Yang Wajib Anda Ketahui

3. Hindari dan Kurangi Makan Makanan Daging Berlemak
Daging berlemak segar seperti daging sapi dan daging domba sangat dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. Daging merah yang mengandung lemak juga bisa mengandung berbagai jenis racun yang bisa meningkatkan tekanan darah dalam waktu yang sangat cepat.

4. Hindari Makanan Manis / Gula
Gula atau semua jenis makanan yang manis sebenarnya juga dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. makanan manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan berat badan. Jika konsumsi gula atau makanan manis berlebihan maka bisa meningkatkan resiko penyumbatan pada pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Baca : Obat herbal Strok alami icp capsule

5. Hindari Makanan Olahan / Makanan Cepat Saji
Semua jenis makanan olahan atau makanan cepat saji jika kita cermati sangat kaya akan garam dan gula, oleh sebab itu sangat dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi.

6. Stop Merokok 

Kebiasaan merokok memang bukan termasuk dalam makanan atau minuman, namun bagi   penderita tekanan darah tinggi yang masih merokok akan meningkatkan resiko terkena penyakit lain yang lebih berbahaya seperti jantung, stroke dan penyakit lainnya sehingga segeralah untuk menghentikan kebiasaan merokok .

7. Stop Kebiasaan Minum Alkohol
Alkohol adalah salah satu pantangan besar bagi semua penderita tekanan darah tinggi. Alkohol juga berpotensi merusak dinding arteri sehingga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol bagi penderita tekanan darah tinggi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang lebih serius.

8. Stop Makan Kentang Goreng
Kentang goreng menjadi kesukaan semua orang terutama ketika makan di tempat makanan siap saji, biasanya kentang goreng disajikan dengan bumbu garam halus agar lebih gurih , namun kentang goreng ternyata bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi karena kandungan garamnya yang cukup tinggi. Selain itu minyak untuk menggoreng kentang banyak mengandung lemak trans yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Jadi, Jika Anda sudah mengalami  tekanan darah tinggi sebaiknya segeralah  mengurangi atau menghindari kentang goreng.

9. Stop Minum Susu Kalsium Tinggi
Susu sapi merupakan salah satu minuman yang mengandung kalsium tinggi. meskipun kalsium tinggi disarankan untuk penderita tekanan darah tinggi, namun susu mengandung lemak yang cukup tinggi. jenis lemak jenuh akan meningkatkan masalah kesehatan yang serius pada penderita tekanan darah tinggi.

10. Stop Makan Junk Food Pizza

Pizza adalah salah satu jenis makanan yang sangat lezat dan tidak murah tentunya. Namun berbagai jenis campuran dalam pizza ternyata bisa meningkatkan resiko pada penderita tekanan darah tinggi salah satunya adalah tepung yang kaya akan trigliserida, keju, krim dan bahan lain. Beberapa jenis bahan tambahan seperti daging merah, keju, roti dan berbagai isi lain bisa meningkatkan tekanan darah tinggi. selain itu olahan pizza juga banyak mengandung garam jadi sebaiknya harus dihindari oleh semua penderita tekanan darah tinggi.

11. Stop Minum Kopi Manis dengan Cream

Kopi adalah minuman yang mengandung cafein dan dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. bahkan kebiasaan minum kopi yang terlalu sering juga akan menyebabkan kenaikan tekanan darah yang sangat cepat. Jika Anda menyukai kopi namun takut tekanan darah tinggi anda kambuh, solusinya adalah dengan meminum kopi yang  bebas gula dan cream .

 

Demikian artikel ini kami paparkan semoga bermanfaat buat Anda dan keluarga Anda. Salam sehat.

 

Scroll To Top
Share