Inilah Penyebab dan Gejala penyakit Jantung Bengkak

jantung bengkak

Inilah Penyebab dan Gejala penyakit Jantung Bengkak

Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Koroner yang Perlu Anda Tau
Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Koroner yang Perlu Anda Tau

muarafarma.com- Jantung bengkak sering dokter gunakan untuk menjelaskan diagnosis untuk pasien supaya gampang diterima. mungkin belum banyak yang mengetahui apa sebenarnya yang disebut penyakit jantung bengkak ini. Jantung bengkak disebut sebagai Kardiomegali yakni pembengkakan jantung yang menyebabkan ukurannya menjadi besar melebihi ukuran jantung normal. Biasanya hal ini biasa diketahui sesudah seseorang melakukan pemeriksaan rongsen pada dada.

Penyebab dari pembengkakan jantung yang pertama yaitu jarang melakukan aktivitas olahraga. Tubuh yang jarang melakukan olahraga tentu jarang keluar keringat. Akibatnya terjadi kelebihan pada berat badan atau obesitas. Ini begitu berbahaya sebab membuat jantung bekerja lebih keras serta mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada organ jantung. Tidak hanya menjadikan jantung bengkak. Tidak rajin melakukan olahraga juga memiliki resiko menyebabkan penyakit jantung koroner serta membuat tekanan darah tinggi.

Penyebab Jantung Bengkak

Jantung bengkak terjadi karena respons pada kerusakan di otot jantung. Terdapat dua jenis masalah pada persoalan ini. Yang pertama jantung bengkak dikarenakan melonggarnya otot jantung yang membuat volume bilik jantung jadi lebih besar atau bisa disebut kardiomegali dilatasi. Yang berikutnya karena penebalan pada otot jantung ataupun disebut sebagai hipertrofi. Kardiomiopati dilatasi adalah sebutan dari otot jantung menipis. Ini merupakan jenis utama kardiomegali. Pada kardiomiopati dilatasi, kedua dinding sisi kiri serta kanan jantung (ventrikel) jadi semakintipis dan juga meregang. Hasilnya yaitu pembesaran jantung.

Kelainan Jantung Sejak Lahir

Semua orang tidak selalu terlahir dengan keadaan yang normal. Beberapa orang menderita kelainan jantung atau yang sering disebut sebagai penyakit jantung bawaan lahir. Misalnya, seperti halnya jantung bocor ataupun timbulnya lubang pada organ jantung. Ini membuat jantung harus bekerja keras sebab tidak sempurnanya pada organ jantung. Organ jantung harus berperan memompa lebih keras. Hal itu begitu potensial mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada jantung.

Tekanan darah tinggi

Seseorang mengalami tekanan darah tinggi menjadikan jantung bekerja lebih keras. Ini begitu memiliki pengaruh kepada peluang terjadinya pembengkakan pada jantung. Apalagi seringnya penderita tekanan darah tinggi umumnya jarang menyadari apabila terserang penyakit ini. Karena, penyakit ini nyaris tanpa ada gejala. Oleh karena itu, sangat baik supaya memeriksakan tekanan darah di pihak medis guna mengetahui dengan pasti bagaimana tingkat tekanan darah. Supaya bila terjadi tekanan darah tinggi dapat segera diobati agar tidak merambah kemana mana dan menyebabkan jantung bengkak.

Kerusakan katup jantung

Rusaknya katup di dalam organ jantung juga potensial membuat terjadinya jantung bengkak. Kerusakan katup jantung tersebut dapat disebabkan oleh demam rematik ataupun sebab lainnya. Sebab, organ yang tidak berfungsi sempurna, menjadikan jantung harus bekerja ekstra keras guna memompa darah. Kerja jantung yang berlebih itu yang nantinya menyebabkan seseorang mengalami pembengkakan pada jantung.

Gejala Jantung Bengkak

Penyakit jantung bengkak kadang tidak menimbulkan gejala pada penderita. Akan tetapi, jika jantung bengkak hingga menimbulkan tidak mampu memompa darah dengan cara efektif. Maka gejala gagal jantung kongestif bisa terjadi. Seperti halnya merasa sesak napas, biasanya terjadi saat aktifitas ataupun pada saat berbaring datar. Atau kaki menjadi bengkak. Berat badan juga bertambah, sebab pembengkakan Kelelahan. Dan terkadang nyeri pada dada. Atau bisa terjadi palpitasi ataupun jantung berdebar.

Penyakit jantung bengkak ini harus segera diatasi oleh tim dokter. Karena jika dibiarkan saja akan menyebabkan gangguan jantung yang semakin parah. Maka dari itu, anda harus menerapkan pola hidup yang sehat dan rajin melakukan aktivitas olahraga. Dengan rajin berolahraga anda akan memiliki tubuh yang sehat dan bisa dijauhkan dari menderita penyakit gangguan jantung ini.