Home | Produk | ICP Capsule | Mengenal Gejala Serangan Jantung dan Cara Memastikannya

Mengenal Gejala Serangan Jantung dan Cara Memastikannya

Mengenal Gejala Serangan Jantung– Apakah Anda pernah merasakan nyeri dada disertai keluar keringat dini, rasa pusing, dan mual sampai muntah dan pingsan ? Namun keluhan itu hilang saat diistirahatkan dan merubah posisi ? Waspadalah jangan-jangan gejala ini dinamakan dengan gejala angin duduk atau serangan jantung. Untuk lebih Mengenal gejala serangan Jantung dan Cara Memastikannya kita simak artikel dan penguraian singkat dibawah ini .

Apa itu Serangan Jantung ?

Serangan jantung sering disebut juga angin duduk,atau infark miokardial (bahasa Inggris: Myocardial infarction, acute myocardial infarction, MI, AMI) merupakan terhentinya aliran darah menuju jantung secara sementara. Hal ini akan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati .Penyebab terbanyak serangan jantung diakibatkan penyumbatan pembuluh darah pada daerah jantung.

obat herbal jantng koroner

obat herbal jantung koroner

Pada penyakit jantung koroner, adanya sumbatan seperti sejenis lilin yang disebut plak terbentuk di bagian dalam arteri jantung  disebut atherosclerosis. Plak  tersebut dari kolesterol dan gumpalan darah yang mengendap. Semakin lama jumlah plak meningkat perlahan-lahan dan membuat bagian dalam pembuluh darah menyempit. Hal ini menyebabkan aliran darah yang akan melalui menjadi sedikit darah dapat menumpuk di depan plak dan membuat penggumpalan. Jika penggumpalan pecah dan tersendat di bagian pembuluh darah yang menyempit, maka serangan jantung terjadi. Kebanyakan penyakit jantung koroner, yang menyebabkan terjadinya serangan jantung dikarenakan perilaku dan gaya hidup penderita. Hal ini termasuk makan makanan tak sehat, tidak banyak bergerak, merokok dan kebiasaan minum minuman  alkohol.

Waspadalah serangan jantung koroner sangat mengancam nyawa Anda dan termasuk dalam kasus awat darurat. Beberapa menit pertama adalah sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan Anda, sehingga jika terjadi keluhan nyeri dada seperti yang saya jelaskan diatas segeralah istirahatkan dan memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan  segera. Beberapa kerusakan akibat serangan jantung dapat diperbaiki pada jam pertama saja, jika dibiarkan kerusakan otot jantung tidak akan bisa diperbaiki lagi.

Serangan jantung adalah puncak bencana dari sebuah proses kerusakan yang berlangsung lama, yang sering timbul akibat adanya stres emosional berlebihan ,  kekacauan fisiologis tubuh dan kelelahan mental.

Gejala Serangan Jantung Koroner

Serangan jantung ditandai dengan keluhan nyeri dada sebelah kiri menyebar ke area punggung dan leher serta bahu. Keluhan nyeri dada disertai juga dengan pusing sampai rasa sesak yang luar biasa atau rasa terjepit pada dada, tenggorokan atau perut. Keluhan nyeri dada biasanya disertai dengan mengucurkan keringat panas atau dingin, kaki terasa sakit sekali dan rasa ketakutan bahwa ajal sudah mendekat. Akibat menurunnya  aliran darah karena denyut atau irama jantung  abnormal ini dikarenakan turunnya kemampuan jantung untuk memompa yang buruk sehingga  bisa menyebabkan pusing dan pingsan.

Terkadang keluhan serangan jantung hanya  timbul pada seseorang seperti rasa tidak  nyaman yang ringan sekali sehingga sering disalahartikan sebagai naiknya asam lambung. Rasa mual dan pusing bahkan disertai juga dengan muntah  yang lebih parah yaitu ketika sampai kolaps dan pingsan.Pada penderita kencing manis, keluhan nyeri dada seringkali tidak dirasakan sama sekali, disebabkan oleh lemahnya sel saraf yang memberikan sinyal kepada tubuh untuk memberikan informasi bahwa ada sesuatu yang berbahaya pada tubuh.Gejala  Serangan Jantung dapat dibagi 4 kategori:

  1. Nyeri dada hanya dirasakan ringan , kondisi umum masih terlihat sehat dapat bekerja berat dan ringan.
  2. Kondisi kedua keluhan nyeri dada muncul saat bekerja berat dan kelelahan atau emosi, namun jika mengurangi aktivitas dan menurunkan gejala emosinya keluhan nyeri akan berkurang dan kembali nampak sehat dalam dua menit .
  3. Kondisi ketiga gejala nyeri dada timbul saat bekerja berat sampai tidak sanggup melakukan pekerjaan berat , namun  nyeri dada berkurang jika melakukan pekerjaan ringan sehari-hari atau istirahat satu dua menit atau dengan melakukan perubahan posisi dengan cara berbaring.
  4. Kondisi keempat yaitu kondisi yang sudah terbilang parah,
    Keempat, sudah parah, untuk berjalan beberapa meter saja sudah kepayahan, kadangkala perlu dipapah dan harus segera masuk ke emergensi rumah sakit.

Cara Memastikan Gejala Serangan Jantung

Walaupun kita perlu waspada akan keluhan nyeri dada apakah disebabkan oleh  serangan jantung. Tanda-tanda peringatan dini ini begitu subyektif dan begitu tersamar, sehingga Anda perlu memeriksakan terlebih dahulu ke dokter yang terlatih untuk mengukur segala sesuatu secara obyektif masih bisa mengabaikannya. Pemeriksaan yang harus Anda lakukan untuk memastikan keluhan nyeri dada karena serangan jantung yang  valid tersebut antara lain :

1.Pemeriksaan ECG (Elektrocardiogram)

Aktivitas listrik pada otot jantung dapat diperiksa melalui elektrokardiogram (ECG). Namun  pemeriksaan ECG  saja belum cukup untuk menentukan apakah Anda mengidap jantung koroner  atau tidak. Hasil ECG  akan menunjukan hasil yang tidak normal sebagai indikasikan bahwa otot jantung tidak menerima cukup asupan oksigen.

2. Pemeriksaan Treadmil

Sayangnya pemeriksaan treadmil ini tidak boleh dilakukan pada saat pasien sedang sakit.  Treadmill Test dilakukan pada orang sehat untuk mengidentifikasi kemampuan jantung menjalani pembebanan sedikit demi sedikit yang  dimonitor oleh Dokter Jantung.

3. Pemeriksaan Uji Laboratorium  Darah

Pemeriksaan laboratorium darah ini berguna untuk melihat  adanya enzim tertentu yang lepas dan naik dalam darah akibat kerusakan otot-otot tertentu salah satunya organ jantung, namun sayangnya enzim ini akan nampak jelas beredar dalam tubuh setelah dua  hari setelah serangan jantung terjadi dan tidak akan terdeteksi lagi. Perlu diketahui bahwa organ jantung, seperti semua sel tubuh lain, mengandung bahan-bahan kimia khusus yang disebut enzim. Ketika sel-sel jantung mengalami kerusakan, enzim-enzim yang dilepaskan beredar bersama aliran darah. Bahkan dari pemeriksaan laboratorium darah ini juga bisa ditemukan  enzim yang baru dilepaskan beberapa jam atau .

Pemeriksaan darah penunjang adalah dengan memeriksa kadar kolesterol darah. Anda akan diminta untuk berpuasa setidaknya 12 jam sebelum dilakukan pemeriksaan agar hasil yang didapatkan lebih akurat.

3. Pemeriksaan Echo (USG oleh Dokter Spesialis Jantung-SpJP)

Pemeriksaan ini dilakukan oleh Dokter spesialis jantung yang aberguna untuk mengetahui lokasi kerusakan otot jantung yang menjadi jaringan parut dan sudah tidak berfungsi lagi.

4. Pemeriksaan USG

Pemeriksaan ini berguna untuk memeriksa tingkat kinerja jantung, struktur, ketebalan dan gerak tiap denyut jantung hingga membentuk sebuah gambar jantung secara mendetail.

5. Pemeriksaan X-Ray

Pemeriksaan X-Ray dada berguna untuk melihat kondisi jantung, paru-paru, dan dinding dada secara umum. Pemeriksaan ini juga dapat digunakan untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit lainnya.

 6. Angiografi Koroner atau Kateterisasi Jantung

Pemeriksaan  kateterisasi jantung ini dilakukan dengan memasukan kateter sampai ke arteri jantung melalui kaki atau selangkangan untuk menyuntikan tinta kedalam arteri jantung melalui kateter. Hal ini bertujuan untuk memeriksa keberadaan serta tingkat keparahan penyempitan dalam pembuluh darah jantung dan tekanan dalam bilik jantung.

7. CT dan MRI scan

Kedua pemeriksaan ini bisa dilakukan untuk melihat kondisi lebih mendetail pada struktur jantung yang mungkin tidak nampak pada pemeriksaan menggunakan X-Ray.

Dari 7 pemeriksaan diatas tentu memerlukan biaya yang luar biasa mahal. Oleh karena itu lebih baik menjaga kesehatan jantung anda sebelum terjadi serangan jantung yang akan menghabiskan dana dan tenaga. Dengan mengkonsumsi herbal berkualitas merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya serangan jantung dan merawat pembuluh serta aliran darah agar tetap bersih dari tumpukan flak yang akan menyumbat dan menempel didalam lapisan dinding pembuluh darah Anda.

Demikian artikel yang berjudul Mengenal Gejala Serangan Jantung dan Cara Memastikannya, silahkan baca juga artikel kami lainnya dengan Judul  Jual Obat Jantung Koroner Terkemuka.

Scroll To Top
error: Content is protected !!